FARADISA, AGISTA DESTI (2020) PENGARUH RELIGIUSITAS TERHADAP KECERDASAN EMOSIONAL PADA SISWA SEKOLAH DASAR NEGERI 3 SIDOREJO-BANYUWANGI. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH JEMBER.
Text
A. PENDAHULUAN.pdf Download (2MB) |
|
Text
B. ABSTRAK.pdf Download (255kB) |
|
Text
C. BAB I.pdf Download (1MB) |
|
Text
D. BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) | Request a copy |
|
Text
E. BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text
F. BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) | Request a copy |
|
Text
G. BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (176kB) | Request a copy |
|
Text
H. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (261kB) |
|
Text
I. LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text
J. ARTIKEL .pdf Download (1MB) |
Abstract
Kecerdasan emosional merupakankemampuan yang dimiliki oleh seseorang dalam mengendalikan diri, mengelola emosi, motivasi diri, empati, dan menjalin hubungan dengan sesama serta dapat mengatasi tuntutan dan tekanan dalam lingkungan sosial. Salah satu faktor yang mempengaruhi kecerdasan emosional adalah religiusitas yang salah satunya yaitu konsep moral yang berfungsi sebagai pedoman dalam praktik yang diperoleh dari religius. Religiusitas sangat berperan penting dalam pembentukan kecerdasan emosional siswa,dikarenakan individu yang mampu mencapai kecerdasan emosional yang baik adalah individu yang dapat menilai situasi dalam mengekspresikan emosi serta konsep moral sebagai penghayatan dari nilai-nilai agama yang diwujudkan dalam kehidupan sehari-hari. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh religiusitas terhadap kecerdasan emosional pada siswa Sekolah Dasar Negeri 3 Sidorejo-Banyuwangi. Jenis penelitian menggunakan kuantitatif dengan bentuk asosiatif, populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas 4,5, dan 6 Sekolah Dasar Negeri 3 Sidorejo-Banyuwangi dengan menggunakan teknik pengambilan sampel non probability sampling yang berjumlah 70 siswa. Pengukur skala religiusitas diukur menggunakan skala likert dan skala kecerdasan emosional menggunakan skala guttman. Metode analisa data menggunakan uji instrumen, uji asumsi dan uji deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tidak ada pengaruh antara religiusitas dengan kecerdasan emosionalsiswa Sekolah Dasar Negeri 3 Sidorejo- Banyuwangi. Koefisien signifikan 0,623 >0,05. Hasil uji deskriptif religiusitas siswa sekolah dasar negeri 3 Sidorejo-Banyuwangi dengan prosentase tinggi 80% dan religiusitas rendah dengan prosentase 20% sedangkan kecerdasan emosional yang cenderung tinggi dengan prosentase 86% dan kecerdasan emosional yang rendah dengan prosentase 14%.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Uncontrolled Keywords: | RELIGIUSITAS, KECERDASAN EMOSIONAL | |||||||||
Subjects: | 100 Philosophy > 150 Psychology | |||||||||
Divisions: | Faculty of Psychology > Department of Psychology (S1) | |||||||||
Department: | ["eprint_fieldopt_department_KODEPRODI73201#PSIKOLOGI" not defined] | |||||||||
Depositing User: | Agista Desti Faradisa | |||||||||
Contributors: |
|
|||||||||
Contact Email Address: | desti.agista@gmail.com | |||||||||
Date Deposited: | 13 Mar 2020 03:21 | |||||||||
Last Modified: | 13 Mar 2020 03:22 | |||||||||
URI: | http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/3909 |
Actions (login required)
View Item |