PENGARUH RELIGIUSITAS TERHADAP KECERDASAN EMOSIONAL PADA SISWA SEKOLAH DASAR NEGERI 3 SIDOREJO-BANYUWANGI

FARADISA, AGISTA DESTI (2020) PENGARUH RELIGIUSITAS TERHADAP KECERDASAN EMOSIONAL PADA SISWA SEKOLAH DASAR NEGERI 3 SIDOREJO-BANYUWANGI. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH JEMBER.

[img] Text
A. PENDAHULUAN.pdf

Download (2MB)
[img] Text
B. ABSTRAK.pdf

Download (255kB)
[img] Text
C. BAB I.pdf

Download (1MB)
[img] Text
D. BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text
E. BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
F. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text
G. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (176kB) | Request a copy
[img] Text
H. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (261kB)
[img] Text
I. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
J. ARTIKEL .pdf

Download (1MB)

Abstract

Kecerdasan emosional merupakankemampuan yang dimiliki oleh seseorang dalam mengendalikan diri, mengelola emosi, motivasi diri, empati, dan menjalin hubungan dengan sesama serta dapat mengatasi tuntutan dan tekanan dalam lingkungan sosial. Salah satu faktor yang mempengaruhi kecerdasan emosional adalah religiusitas yang salah satunya yaitu konsep moral yang berfungsi sebagai pedoman dalam praktik yang diperoleh dari religius. Religiusitas sangat berperan penting dalam pembentukan kecerdasan emosional siswa,dikarenakan individu yang mampu mencapai kecerdasan emosional yang baik adalah individu yang dapat menilai situasi dalam mengekspresikan emosi serta konsep moral sebagai penghayatan dari nilai-nilai agama yang diwujudkan dalam kehidupan sehari-hari. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh religiusitas terhadap kecerdasan emosional pada siswa Sekolah Dasar Negeri 3 Sidorejo-Banyuwangi. Jenis penelitian menggunakan kuantitatif dengan bentuk asosiatif, populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas 4,5, dan 6 Sekolah Dasar Negeri 3 Sidorejo-Banyuwangi dengan menggunakan teknik pengambilan sampel non probability sampling yang berjumlah 70 siswa. Pengukur skala religiusitas diukur menggunakan skala likert dan skala kecerdasan emosional menggunakan skala guttman. Metode analisa data menggunakan uji instrumen, uji asumsi dan uji deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tidak ada pengaruh antara religiusitas dengan kecerdasan emosionalsiswa Sekolah Dasar Negeri 3 Sidorejo- Banyuwangi. Koefisien signifikan 0,623 >0,05. Hasil uji deskriptif religiusitas siswa sekolah dasar negeri 3 Sidorejo-Banyuwangi dengan prosentase tinggi 80% dan religiusitas rendah dengan prosentase 20% sedangkan kecerdasan emosional yang cenderung tinggi dengan prosentase 86% dan kecerdasan emosional yang rendah dengan prosentase 14%.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: RELIGIUSITAS, KECERDASAN EMOSIONAL
Subjects: 100 Philosophy > 150 Psychology
Divisions: Faculty of Psychology > Department of Psychology (S1)
Depositing User: Agista Desti Faradisa
Date Deposited: 13 Mar 2020 03:21
Last Modified: 13 Mar 2020 03:22
URI: http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/3909

Actions (login required)

View Item View Item