QUESTIONS STUDENT HAVE DI PADU DENGAN METODE PRAKTIKUM UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA



Wahdah, Rofiahtul (2018) QUESTIONS STUDENT HAVE DI PADU DENGAN METODE PRAKTIKUM UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA. Undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Jember.

[thumbnail of ARTIKEL ROFI.pdf] Text
ARTIKEL ROFI.pdf

Download (256kB)
[thumbnail of 0.01 PENDAHULUAN.pdf] Text
0.01 PENDAHULUAN.pdf

Download (188kB)
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf

Download (185kB)
[thumbnail of BAB II .pdf] Text
BAB II .pdf
Restricted to Repository staff only

Download (95kB)
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (273kB)
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (334kB)
[thumbnail of BAB V.pdf] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (43kB)
[thumbnail of BAB VI.pdf] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (63kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya peningkatan hasil belajar siswa
siswa yang melaksanakan model pembelajaran Questions Student Have dipadu dengan
metode praktikum. Penelitian ini termasuk penelitian tindakan kelas yang dilakukan dalam
2 siklus. Subyek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA 3 SMA Muhammadiyah 3
Jember dengan sampel penelitian berjumlah 31 orang. Instrument yang digunakan yaitu
lembar observasi, lembar wawancara,dan soal test. Hasil penelitian menunjukkan
peningkatan antara siklus 1 dan siklus 2. Pada prasiklus nilai kognitif siswa yang mencapai
ketuntasan klasikal hanya 35,48%, pada siklus I telah dicapai nilai dari ketuntasan klasikal
nilai kognitif siswa sebesar 58% dan pada siklus II mencapai 80%. Ranah afektif siklus I
mencapai 73%, pada siklus II dilakukan perbaikan pada indikator yang belum tuntas, siklus
II meningkat mencapai 83%. Ranah psikomotor pada siklus I mencapai 72%, pada siklus II
dilakukan perbaikan pada indikator yang belum tuntas, siklus II meningkat mencapai 80%.
Simpulan dari penelitian ini adalah model pembelajaran Questions Student Have dipadu
dengan metode praktikum dapat meningkatkan hasil belajar siswa.
Kata Kunci :Questions Student Have, Praktikum, Hasil Belajar

Contribution
Nama Dosen Pembimbing
NIDN/NIDK
UNSPECIFIED
Herrianto, Elfien
nidn#
UNSPECIFIED
Priantari, Ika
nidn0715018301

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 500 Natural Science and Mathematics > 570 Biology
Divisions: Faculty of Teaching and Education Science > Department of Biology Education (S1)
Depositing User: Hendri UF | hendri@unmuhjember.ac.id
Date Deposited: 19 Jun 2020 00:42
Last Modified: 19 Jun 2020 00:42
URI: http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/4428

Actions (login required)

View Item View Item