Meningkatkan Kreativitas Melalui Bermain Play Dough Pada Anak Kelompok AdiPAUD Kenanga 64 Sanenrejo Tahun Pelajaran 2019-2020

Miarti, miarti (2020) Meningkatkan Kreativitas Melalui Bermain Play Dough Pada Anak Kelompok AdiPAUD Kenanga 64 Sanenrejo Tahun Pelajaran 2019-2020. Undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Jember.

[img] Text
PENDAHULUAN PDF.pdf

Download (685kB)
[img] Text
ABSTRAK PDF.pdf

Download (209kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (350kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (571kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (606kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (680kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (358kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 6.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (215kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA PDF.pdf

Download (213kB)
[img] Text
LAMPIRAN PDF.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
ARTIKEL mia.pdf

Download (602kB)

Abstract

ABSTRAK Miarti, 2020. Meningkatkan Kreativitas Melalui Bermain Play Dough Pada Anak Kelompok A di PAUD Kenanga 64 Sanenrejo Tahun Pelajaran 2019-2020. Skripsi, Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Jember. Pembimbing ( 1 ) Dra Khoiriyah M.Pd. ( 2 ) Nuraini Kusumaningtyas S.Psi M.Psi. Kata Kunci : Kreativitas anak, Bermain play dough. Latar belakang penelitian ini adalah kurang optimalnya kreativitas pada anak kelompok A di PAUD Kenanga 64 Sanenrejo. Hal ini dikarenakan media yang digunakan kurang mendukung untuk perkembangan kreativitas selain itu anak kurang fokus dalam melakukan kegiatan pembelajaran, anak tidak bisa diam dan sering berbicara dengan teman saat melakukan kegiatan pembelajaran. Anak juga tidak memiliki inisiatif sendiri dalam kegiatan bermain Hal ini membuat kreativitas anak tidak dapat berkembang secara optimal. Masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakah meningkatkan kreativitas melalui bermain play dough pada anak kelompok A di PAUD Kenanga 64 Sanenrejo. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana cara meningkatkan kreativitas melalui bermain play dough pada anak kelompok A di PAUD Kenanga 64 Sanenrejo. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas ( PTK ).pelaksanaan penelitian yaitu pada tanggal 09 Maret 2020 hingga 13 Maret 2020 pada anak kelompok A di PAUD Kenanga 64 Sanenrejo. Peneliti menggunakan dua metode pengumpulan data yaitu observasi dan dokumentasi. Instrument yang digunakan adalah lembar observasi. Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh hasil kreativitas anak meningkat setelah melakukan kegiatan bermain play dough. dimana pada siklus I persentase kreativitas anak sebesar 53% dan pada siklus II naik menjadi 90%. Simpulan penelitian ini adalah bermain play dough terbukti dapat menjadi pilihan dalam pembelajaran untuk meningkatkan kreativitas anak. Kreativitas anak semakin meningkat disetiap pertemuan dan hasil yang diperoleh anak pun meningkat serta berhasil memenuhi kriteria kesuksesan

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 700 The Art, Entertainment and Sport > 740 Drawing and Decorative Art > 745 Decorative Arts
Divisions: Faculty of Teaching and Education Science > Department of Early Childhood Education (S1)
Department: S1 Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Miarti Miarti
Contributors:
ContributionContributor NameNIDN/NIDK
Thesis advisorKhoiriyah, Khoiriyahnidn0725116503
Thesis advisorNuraini, Kusumaningtyasnidn0721108101
Contact Email Address: miarti61584@gmail.com
Date Deposited: 18 Jul 2020 01:07
Last Modified: 18 Jul 2020 01:08
URI: http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/4745

Actions (login required)

View Item View Item