Sistem Pendukung Keputusan Penentuan Penerima Beasiswa Menggunakan Metode Preference Ranking Organization Method for Enrichment Evaluation (Promethee)(Studi Kasus : Universitas Muhammadiyah Jember)

Arofatul Hikmah, Husniah (2016) Sistem Pendukung Keputusan Penentuan Penerima Beasiswa Menggunakan Metode Preference Ranking Organization Method for Enrichment Evaluation (Promethee)(Studi Kasus : Universitas Muhammadiyah Jember). Journal of Undergraduate Thesis, Universitas Muhammadiyah Jember.

[img]
Preview
Text
JURNAL.pdf - Published Version

Download (606kB) | Preview

Abstract

Universitas Muhammadiyah Jember merupakan salah satu perguruan tinggi swasta yang menyediakan program beasiswa bagi mahasiswa yang berprestasi maupun yang kurang mampu, salah satunya adalah beasiswa Bantuan Biaya Pendidikan Peningkatan Prestasi Akademik (BBP-PPA) merupakan beasiswa bagi mahasiswa yang kurang mampu namun memiliki kemampuan prestasi yang baik. Dalam melakukan seleksi beasiswa tersebut, pengelola mengalami kesulitan karena banyaknya mahasiswa yang mengajukan beasiswa, kendala tersebut juga disertai pada batas maksimal kuota. Sehingga perlu dibangun suatu sistem yang membantu memberikan rekomendasi penerima beasiswa, dalam menyeleksi beasiswa dengan mengelompokkan menjadi 2 ketentuan, yaitu “Diterima” atau “Tidak Diterima”. Penentuan Penerima Beasiswa ini menggunakan metode Preference Ranking Organization Method for Enrichment Evaluation (Promethee) merupakan salah satu metode penentuan urutan atau prioritas dalam analisis multikriteria atau yang memiliki lebih dari satu kriteria. Kriteria yang ditentukan menurut prosedur Universitas antara lain Indeks Prestasi Kumulatif (IPK), Penghasilan Orang Tua/Wali, Jumlah Tanggungan Orang Tua/Wali dan Semester. Dari hasil penilitian didapatkan tingkat Akurasi 72,5% dan Presisi 78%, hal ini menyatakan bahwa prediksi dari metode Promethee dapat digunakan sebagai sistem prediksi yang mendekati hasil dari analisa data asli Universitas, sehingga dari hasil tersebut dapat membantu dan mempermudah dalam proses pengambilan keputusan Penentuan Penerima Beasiswa BBP-PPA secara tepat guna dan tepat sasaran dengan kriteria yang sudah ditentukan.

Item Type: Article
Additional Information: Husniah Arofatul Hikmah (1210651029)
Uncontrolled Keywords: Promethee, Penentuan Beasiswa
Subjects: 000 General Works > 004 Data Processing, Computer Science
Divisions: Faculty of Engineering > Department of Informatics Engineering
Depositing User: Hendri Uut Fahrullah
Date Deposited: 26 Jul 2018 02:27
Last Modified: 26 Jul 2018 02:27
URI: http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/483

Actions (login required)

View Item View Item