Analisis Pengambilan Keputusan Penilaian Siswa Teladan dengan Logika Fuzzy Tahani

Irawan, Oki Ria Hanung (2016) Analisis Pengambilan Keputusan Penilaian Siswa Teladan dengan Logika Fuzzy Tahani. Journal of Undergraduate Thesis, Universitas Muhammadiyah Jember.

[img]
Preview
Text
JURNAL.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview

Abstract

Siswa teladan merupakan siswa yang patut ditiru atau dicontoh baik dari segi akademis maupun perbuatan, sikap dan sebagainya. Proses penilaian siswa teladan tersebut merupakan sebuah mekanisme yang sangat panjang dan memakan banyak waktu, tenaga dan pikiran jika dilakukan dengan cara manual. Oleh karena itu diperlukan sebuah sistem yang dapat mempermudah dalam pengambilan keputusan. Di di SMK Rogojampi penilaian siswa teladan dinilai berdasarkan nilai raport saja tanpa memperhatikan aspek sikap dan kepribadian siswa sehingga dipastikan siswa yang mendapat peringkat teratas yang menjadi siswa teladan. Oleh karena itu dalam penelitian ini pengambilan keputusan siswa teladan akan dilakukan dinilai berdasarkan empat parameter yaitu nilai raport, nilai kegiatan ekstrakurikuler, presensi serta nilai kepribadian siswa. Dari hasil ujicoba yang telah dilakukan dengan menggunakan Fuzzy Tahani terhadap 48 siswa didapatkan hasil penilaian siswa teladan adalah 44 siswa dikategorikan sebagai siswa teladan dan 4 siswa dikategorikan sebagai siswa tidak teladan. Bobot yang paling mempengaruhi penilaian siswa adalah nilain presensi dan kepribadian. Sehingga siswa yang memiliki nilai kepribadian atau presensi yang rendah akan dikategorikan sebagai siswa tidak teladan.

Item Type: Article
Additional Information: Oki Ria Hanung Irawan (1010651055)
Uncontrolled Keywords: Fuzzy Tahani, Siswa Teladan
Subjects: 000 General Works > 004 Data Processing, Computer Science
Divisions: Faculty of Engineering > Department of Informatics Engineering
Depositing User: Hendri Uut Fahrullah
Date Deposited: 03 Aug 2018 02:54
Last Modified: 03 Aug 2018 02:54
URI: http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/536

Actions (login required)

View Item View Item