Deskriptif Metode Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Pada Mata Pelajaran Fiqh Kelas Xii Di Man 2 Situbondo

Shoumi Noviana, Nur (2019) Deskriptif Metode Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Pada Mata Pelajaran Fiqh Kelas Xii Di Man 2 Situbondo. Undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Jember.

[img] Text
k. ARTIKEL.pdf

Download (653kB)
[img] Text
a. PENDAHULUAN.pdf

Download (2MB)
[img] Text
b. ABSTRAK.pdf

Download (499kB)
[img] Text
c. BAB I.pdf

Download (459kB)
[img] Text
d. BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (493kB)
[img] Text
e. BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
f. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (391kB)
[img] Text
g. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (338kB)
[img] Text
h. BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (213kB)
[img] Text
i. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (414kB)
[img] Text
j. LAMPIRAN.pdf

Download (2MB)

Abstract

Kata Kunci: Metode Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Pendidikan Agama Islam merupakan sebuah usaha sadar yang terencana dalam membina peserta didik pada pemahaman yang islami dan membentuk peserta didik menjadi manusia yang beriman dan bertaqwa. Hal ini berarti bahwa pendidikan Agama Islam memerlukan metode pembelajaran. Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah untuk mengetahui metode pembelajaran PAI yang digunakan pada mata pelajaran Fiqih kelas XII di MAN 2 Situbondo. Untuk mencapai tujuan di atas, peneliti menggunakan jenis penelitian kualitatif deskriptif yang berlokasi di MAN 2 Situbondo, dengan teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu wawancara dengan jumlah 6 orang, observasi partisipasi, dan dokumentasi. Teknik analisisnya meliputi reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data. Untuk pengecekan keabsahan data yang digunakan ialah uji kredibilitas dengan metode triangulasi. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah bahwa metode pembelajaran Pendidikan Agama Islam pada mata pelajaran Fiqih kelas XII di MAN 2 Situbondo adalah metode ceramah, metode tanya jawab, metode diskusi dan metode demonstrasi. Penggunaan beberapa metode digunakan dalam satu kali pembelajaran disamping itu penggunaan beberapa metode disesuaikan dengan materi dan kondisi kelas, hal tersebut bertujuan untuk mempermudah pemahaman siswa dan meningkatkan daya minat siswa terhadap pembelajaran. Dari hasil penelitian diperoleh sebuah kesimpulan bawah metode pembelajaran Pendidikan Agama Islam pada mata pelajaran Fiqih kelas XII di MAN 2 Situbondo tidak hanya ada satu metode saja namun ada beberapa variasi metode diantaranya ada 4 yaitu metode ceramah, metode Tanya jawab, metode diskusi, dan metode demonstrasi. Di kelas XII IPA 3 guru menerapkan metode ceramah, metode Tanya jawab dan metode diskusi, sedangkan di kelas XII IPS 3 guru menerapkan metode ceramah dan Tanya jawab. Dan untuk metode demonstrasi tidak digunakan karena metode menyesuaikan dengan materi yang akan dibahas.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 200 Religious
200 Religious > 297 Islam, Babism, Bahai Faith
Divisions: Faculty of Islamic Religion > Department of Islamic Education (S1)
Depositing User: Dinda Novitasari
Date Deposited: 05 Oct 2020 05:41
Last Modified: 05 Oct 2020 05:41
URI: http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/6147

Actions (login required)

View Item View Item