Regulasi Emosi Pada Guru Pendamping Anak Berkebutuhan Khusus



Puspitasari, Elvira (2019) Regulasi Emosi Pada Guru Pendamping Anak Berkebutuhan Khusus. Undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Jember.

[thumbnail of ARTIKEL.pdf] Text
ARTIKEL.pdf

Download (502kB)
[thumbnail of PENDAHULUAN.pdf] Text
PENDAHULUAN.pdf

Download (651kB)
[thumbnail of 1710811058.pdf] Text
1710811058.pdf

Download (528kB)
[thumbnail of ABSTRAK.pdf] Text
ABSTRAK.pdf

Download (164kB)
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf

Download (289kB)
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (539kB)
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (270kB)
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (400kB)
[thumbnail of BAB V.pdf] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (236kB)
[thumbnail of Lampiran.pdf] Text
Lampiran.pdf

Download (700kB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah peneliti ingin mengetahui bagaimana gambaran pada regulasi emosi guru pendamping anak kebutuhan khusus (ABK) di sekolah inklusi Jember. Jenis penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif. Variabel penelitian ini yaitu regulasi emosi pada guru pendamping anak berkebutuhan khusus. Populasi penelitian ini adalah Guru pendamping kelas inklusi sebanyak 50 orang. Tehnik pengambilan sampel menggunakan teknik sampling jenuh. Metode analisis data menggunakan uji validitas, realibilitas, normalitas dan deskripsi analisis. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan regulasi emosi guru pendamping anak kebutuhan khusus (ABK) di sekolah inklusi dijelaskan bahwa pada umumnya guru pendamping memiliki regulasi emosi yang rendah. Hal itu dikur dengan indikator Cognitive reappraisal tergolong rendah dan expresion reapraisal masuk dalam kategori rendah. Hasil ini menunjukkan bahwa regulasi emosi guru pendamping masih rendah. Regulasi emosi mencerminkan kendali emosi yang dilakukan oleh guru pendamping dalam mendampingi anak berkebutuhan khusus.

Kata kunci: Cognitive reappraisal, emosi, expresion reapraisa , inklusi dan regulasi

Contribution
Nama Dosen Pembimbing
NIDN/NIDK
UNSPECIFIED
Yumpi, Festa
nidn#
UNSPECIFIED
Ipak Rahmawati, Erna
nidn0007057801

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 100 Philosophy
100 Philosophy > 150 Psychology
Divisions: Faculty of Psychology > Department of Psychology (S1)
Depositing User: Dinda Novitasari | dindanovitasari1710@gmail.com
Date Deposited: 06 Oct 2020 03:07
Last Modified: 20 Feb 2025 06:33
URI: http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/6185

Actions (login required)

View Item View Item