Pengaruh Penggunaan Turbo Cyclone 6 Sirip Berlubang dengan Variasi Bahan Bakar terhadap Unjuk Kerja Motor 4 Langkah 156 CC



Mursidi, Daviq (2016) Pengaruh Penggunaan Turbo Cyclone 6 Sirip Berlubang dengan Variasi Bahan Bakar terhadap Unjuk Kerja Motor 4 Langkah 156 CC. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH JEMBER.

[thumbnail of JURNAL.pdf]
Preview
Text
JURNAL.pdf - Published Version

Download (198kB) | Preview
[thumbnail of 1 COVER.pdf] Text
1 COVER.pdf

Download (24kB)
[thumbnail of 4 Abstrak.pdf] Text
4 Abstrak.pdf

Download (19kB)
[thumbnail of 15 DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
15 DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (15kB)
[thumbnail of 10 BAB I.pdf] Text
10 BAB I.pdf

Download (27kB)
[thumbnail of 11 BAB II.pdf] Text
11 BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (236kB)
[thumbnail of 12 BAB III.pdf] Text
12 BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (139kB)
[thumbnail of 13 BAB IV.pdf] Text
13 BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (200kB)
[thumbnail of 14 BAB V.pdf] Text
14 BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (14kB)

Abstract

Pemasangan turbo cyclone pada intake manifold dapat membuat aliran udara yang akan masuk ke ruang bakar berputar,sehingga campuran bahan bakar dan udara yang masuk lebih bagus dan pembakaran akan lebih sempurna. Hasil pengujian maupun pembahasan performa motor bensin 4 langkah silinder tunggal 156 cc dengan variasi mesin standar bahan bakar premium dan pertalite dengan mesin menggunakan turbo cyclone bahan bakar premium dan pertalie yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa daya tertinggi diperoleh pada mesin yang menggunakan turbo cyclone berbahan bakar premium dengan nilai 9,754 HP pada 9000 rpm, yakni meningkat 4,904 % dari mesin dalam kondisi standar premium yang hanya mencapai daya sebesar 9,298 HP, torsi dengan nilai tertinggi diperoleh pada mesin dalam kondisi standar dengan bahan bakar pertalite sebesar 8,85 N.m pada putaran 6500 rpm, meningkat 0,22% dari mesin yang menggunakan turbo cyclone berbahan bakar pertalite yang mencapai nilai sebesar 8,83 N.m pada 6500 rpm,tekanan efektif rata-rata yang optimal diperoleh pada mesin standar berbahan bakar pertalite pada 6500 rpm dengan nilai mencapai 712,538 kPa, yakni terjadi peningkatan sebesar 0,225% dari mesin dengan turbo cyclone dengan bahan bakar premium yang mencapai 710,928 kPa pada putaran 6500 rpm, sfc terendah sebesar 0,074 kg/Hp.jam pada putaran 8000 rpm pada mesin dengan turbo cyclone menggunakan bahan bakar pertalite, terjadi penurunan sebesar 1,333% dari mesin dengan turbo cyclone berbahan bakar premium yang mencapai 0,075 kg/Hp.jam pada putaran 8000 rpm.

Contribution
Nama Dosen Pembimbing
NIDN/NIDK
UNSPECIFIED
Mufarida, Nely Ana
nidn197704222005012002
UNSPECIFIED
Irawan, Andik
nidn00020689

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords/Kata Kunci: Turbo Cyclone variasi bahan bakar premium dan pertalite
Subjects: 600 Technology and Applied Science > 620 Engineering > 621 Applied Physics
Divisions: Faculty of Engineering > Department of Mechanical Engineering (S1)
Depositing User: Hendri UF | hendri@unmuhjember.ac.id
Date Deposited: 01 Sep 2018 01:47
Last Modified: 18 Oct 2019 03:04
URI: http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/685

Actions (login required)

View Item View Item