AUDIT SISTEM INFORMASI MENGGUNAKAN STANDART COBIT 4.1 PADA PERSPEKTIF PELANGGAN DI RSUD BALUNG
Herliana Mulindahwati, Richa (2019) AUDIT SISTEM INFORMASI MENGGUNAKAN STANDART COBIT 4.1 PADA PERSPEKTIF PELANGGAN DI RSUD BALUNG. Undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Jember.
![]() |
Text
ARTIKEL.pdf Download (326kB) |
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Download (315kB) |
![]() |
Text
PENDAHULUAN.pdf Download (740kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (255kB) |
![]() |
Text
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (577kB) |
![]() |
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (424kB) |
![]() |
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (531kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (173kB) |
![]() |
Text
LAMPIRAN.pdf Download (907kB) |
Abstract
Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Balung merupakan salah satu instansi
milik pemerintah yang bergerak pada bidang kesehatan dengan tujuan utamanya
untuk memberikan pelayanan kesehatan kepada masyarakat. Penerapan sistem
informasi di RSUD Balung bertujuan untuk mempermudah dalam proses
pemasukan data. Agar kinerja sistem informasi dapat berjalan sesuai dengan
perencanaan dan dengan tujuan bisnis rumah sakit, maka rumah sakit membutuhkan
pengukuran untuk mengetahui sejauh mana tingkat kematangan dari kinerja sistem
informasi tersebut. Terjadinya eror sistem merupakan insiden yang sering terjadi,
serta ketika terjadi masalah baru penanganan yang berakibat proses bisnis instansi
tidak menjamin keberhasilan hubungan antara proses IT dan tujuan bisnis di
instansi. Penelitian ini untuk mengevaluasi tata kelola IT khususnya pada
perspektif pelanggan. Tingkat pelayanan pelanggan di RSUD Balung, Jember
dinilai masih kurang dimana hasil penelitian menunjukkan bahwa Tingkat
kematangan sistem masih berada pada level 2 (Repeatable Level) dimana semua
proses sudah menetapkan implementasi kebijakan tetapi perlu ditingkatkan.
Kondisi yang diharapkan pada domain PO8, AI6, DS1, DS4 dan DS10 yaitu berada
pada level 4 (Managed and Measurable). Perbaikan dilakukan secara bertahap
berdasarkan pada kerangka kerja COBIT 4.1 yang menghasilkan 46 rekomendasi
dengan nilai presisi untuk rekomendasi yang disetujui sebesar 83,48%.
Kata Kunci: Audit, Tingkat Kematangan, COBIT 4.1, Perspektif Pelanggan.
ContributionNama Dosen PembimbingNIDN/NIDKUNSPECIFIEDSuharso, Wiwiknidn0006097601
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 600 Technology and Applied Science > 620 Engineering |
Divisions: | Faculty of Engineering > Department of Informatics Engineering (S1) |
Depositing User: | rahma wahyu ningsih | ningsihrahmawahyu@gmail.com |
Date Deposited: | 08 Dec 2020 01:50 |
Last Modified: | 08 Dec 2020 01:50 |
URI: | http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/7190 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |