AUDIT SISTEM INFORMASI MENGGUNAKAN STANDART COBIT 4.1 PADA PERSPEKTIF PELANGGAN DI RSUD BALUNG



Herliana Mulindahwati, Richa (2019) AUDIT SISTEM INFORMASI MENGGUNAKAN STANDART COBIT 4.1 PADA PERSPEKTIF PELANGGAN DI RSUD BALUNG. Undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Jember.

[thumbnail of ARTIKEL.pdf] Text
ARTIKEL.pdf

Download (326kB)
[thumbnail of ABSTRAK.pdf] Text
ABSTRAK.pdf

Download (315kB)
[thumbnail of PENDAHULUAN.pdf] Text
PENDAHULUAN.pdf

Download (740kB)
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf

Download (255kB)
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (577kB)
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (424kB)
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (531kB)
[thumbnail of BAB V.pdf] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (173kB)
[thumbnail of LAMPIRAN.pdf] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (907kB)

Abstract

Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Balung merupakan salah satu instansi
milik pemerintah yang bergerak pada bidang kesehatan dengan tujuan utamanya
untuk memberikan pelayanan kesehatan kepada masyarakat. Penerapan sistem
informasi di RSUD Balung bertujuan untuk mempermudah dalam proses
pemasukan data. Agar kinerja sistem informasi dapat berjalan sesuai dengan
perencanaan dan dengan tujuan bisnis rumah sakit, maka rumah sakit membutuhkan
pengukuran untuk mengetahui sejauh mana tingkat kematangan dari kinerja sistem
informasi tersebut. Terjadinya eror sistem merupakan insiden yang sering terjadi,
serta ketika terjadi masalah baru penanganan yang berakibat proses bisnis instansi
tidak menjamin keberhasilan hubungan antara proses IT dan tujuan bisnis di
instansi. Penelitian ini untuk mengevaluasi tata kelola IT khususnya pada
perspektif pelanggan. Tingkat pelayanan pelanggan di RSUD Balung, Jember
dinilai masih kurang dimana hasil penelitian menunjukkan bahwa Tingkat
kematangan sistem masih berada pada level 2 (Repeatable Level) dimana semua
proses sudah menetapkan implementasi kebijakan tetapi perlu ditingkatkan.
Kondisi yang diharapkan pada domain PO8, AI6, DS1, DS4 dan DS10 yaitu berada
pada level 4 (Managed and Measurable). Perbaikan dilakukan secara bertahap
berdasarkan pada kerangka kerja COBIT 4.1 yang menghasilkan 46 rekomendasi
dengan nilai presisi untuk rekomendasi yang disetujui sebesar 83,48%.

Kata Kunci: Audit, Tingkat Kematangan, COBIT 4.1, Perspektif Pelanggan.

Contribution
Nama Dosen Pembimbing
NIDN/NIDK
UNSPECIFIED
Suharso, Wiwik
nidn0006097601

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 600 Technology and Applied Science > 620 Engineering
Divisions: Faculty of Engineering > Department of Informatics Engineering (S1)
Depositing User: rahma wahyu ningsih | ningsihrahmawahyu@gmail.com
Date Deposited: 08 Dec 2020 01:50
Last Modified: 08 Dec 2020 01:50
URI: http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/7190

Actions (login required)

View Item View Item