EVALUASI KUALITAS LAYANAN APLIKASI GO-JEK DAN GRAB DENGAN METODE AHP



ASTUTIK, YENI (2019) EVALUASI KUALITAS LAYANAN APLIKASI GO-JEK DAN GRAB DENGAN METODE AHP. Undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Jember.

[thumbnail of Jurnal.pdf] Text
Jurnal.pdf

Download (672kB)
[thumbnail of Abstrak.pdf] Text
Abstrak.pdf

Download (244kB)
[thumbnail of pendahuluan.pdf] Text
pendahuluan.pdf

Download (395kB)
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf

Download (295kB)
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (327kB)
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (365kB)
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (269kB)
[thumbnail of BAB V.pdf] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (163kB)
[thumbnail of LAMPIRAN.pdf] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (913kB)

Abstract

GO-JEK dan GRAB. GO–JEK dan GRAB merupakan suatu jasa booking ojek melalui
aplikasi GO-JEK dan GRAB yang bisa didownload melalui Smartphone, Android. Proses
pemilihan melibatkan unsur tujuan, kriteria dan alternatif dalam struktur hierarki tiga level.
Kriteria terdiri dari 4 aspek yaitu Pelayanan, Kenyamanan, Keamanan, Waktu. Alternatif
terdiri dari 4 kandidat yaitu Go-ride, Go-car, Grab-bike, Grab-car. Model pengambilan
keputusan multi kriteria dan multi alternatif tersebut sangat sulit mengukur nilai
objektifitanya terutama dalam menentukan kriteria satu lebih penting dari kriteria yang
lainnya, dan alternatif satu lebih tinggi dari alternatif yang lain. Oleh karna itu, penelitian
ini bertujuan untuk menerapkan model matematika Analytical Hierarchical Process (AHP)
berdasarkan kuesioner kinerja kandidat dari responden dalam menyelesaikan permasalahan
subjektifitas individu penilaian, biaya, waktu penilaian. Data pengujian menggunakan
dataset kuesioner dari 100 responden. Penelitian menghasilkan perangkingan alternatif
berdasarkan total bobot masing – masing kandidat. Alternatif A3 memiliki total bobot
tertinggi 0,511 sehingga dinyatakan sebagai layanan terbaik. Analisis sensitivitas dalam
perbaningan elemen kriteria dan alternatif dinyatakan konsistensi karena nilai rasio
inkonsistensi data responden lebih kecil dari 0,1. Sehingga model pemilihan ini optimal
dengan 4 kandidat tertinggi.

Kata kunci : pemilihan layanan Gojek dan Grab, kuesioner, AHP

Contribution
Nama Dosen Pembimbing
NIDN/NIDK
UNSPECIFIED
Suharso, Wiwik
nidn0006097601

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 600 Technology and Applied Science > 620 Engineering
Divisions: Faculty of Engineering > Department of Informatics Engineering (S1)
Depositing User: rahma wahyu ningsih | ningsihrahmawahyu@gmail.com
Date Deposited: 08 Dec 2020 03:21
Last Modified: 08 Dec 2020 03:21
URI: http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/7215

Actions (login required)

View Item View Item