EVALUASI KUALITAS LAYANAN APLIKASI GO-JEK DAN GRAB DENGAN METODE AHP
ASTUTIK, YENI (2019) EVALUASI KUALITAS LAYANAN APLIKASI GO-JEK DAN GRAB DENGAN METODE AHP. Undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Jember.
![]() |
Text
Jurnal.pdf Download (672kB) |
![]() |
Text
Abstrak.pdf Download (244kB) |
![]() |
Text
pendahuluan.pdf Download (395kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (295kB) |
![]() |
Text
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (327kB) |
![]() |
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (365kB) |
![]() |
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (269kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (163kB) |
![]() |
Text
LAMPIRAN.pdf Download (913kB) |
Abstract
GO-JEK dan GRAB. GO–JEK dan GRAB merupakan suatu jasa booking ojek melalui
aplikasi GO-JEK dan GRAB yang bisa didownload melalui Smartphone, Android. Proses
pemilihan melibatkan unsur tujuan, kriteria dan alternatif dalam struktur hierarki tiga level.
Kriteria terdiri dari 4 aspek yaitu Pelayanan, Kenyamanan, Keamanan, Waktu. Alternatif
terdiri dari 4 kandidat yaitu Go-ride, Go-car, Grab-bike, Grab-car. Model pengambilan
keputusan multi kriteria dan multi alternatif tersebut sangat sulit mengukur nilai
objektifitanya terutama dalam menentukan kriteria satu lebih penting dari kriteria yang
lainnya, dan alternatif satu lebih tinggi dari alternatif yang lain. Oleh karna itu, penelitian
ini bertujuan untuk menerapkan model matematika Analytical Hierarchical Process (AHP)
berdasarkan kuesioner kinerja kandidat dari responden dalam menyelesaikan permasalahan
subjektifitas individu penilaian, biaya, waktu penilaian. Data pengujian menggunakan
dataset kuesioner dari 100 responden. Penelitian menghasilkan perangkingan alternatif
berdasarkan total bobot masing – masing kandidat. Alternatif A3 memiliki total bobot
tertinggi 0,511 sehingga dinyatakan sebagai layanan terbaik. Analisis sensitivitas dalam
perbaningan elemen kriteria dan alternatif dinyatakan konsistensi karena nilai rasio
inkonsistensi data responden lebih kecil dari 0,1. Sehingga model pemilihan ini optimal
dengan 4 kandidat tertinggi.
Kata kunci : pemilihan layanan Gojek dan Grab, kuesioner, AHP
ContributionNama Dosen PembimbingNIDN/NIDKUNSPECIFIEDSuharso, Wiwiknidn0006097601
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 600 Technology and Applied Science > 620 Engineering |
Divisions: | Faculty of Engineering > Department of Informatics Engineering (S1) |
Depositing User: | rahma wahyu ningsih | ningsihrahmawahyu@gmail.com |
Date Deposited: | 08 Dec 2020 03:21 |
Last Modified: | 08 Dec 2020 03:21 |
URI: | http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/7215 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |