HUBUNGAN DUKUNGAN SOSIAL KELUARGA DENGAN STRES AKADEMIK PADA SISWA FULL DAY SCHOOL SMAN 1 BESUKI

Syaifullah Huda, Ahmad (2019) HUBUNGAN DUKUNGAN SOSIAL KELUARGA DENGAN STRES AKADEMIK PADA SISWA FULL DAY SCHOOL SMAN 1 BESUKI. Undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Jember.

[img] Text
ARTIKEL.pdf

Download (327kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (473kB)
[img] Text
PENDAHULUAN.pdf

Download (444kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (390kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (514kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (366kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (739kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (285kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (417kB)
[img] Text
BAB VII.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (259kB)
[img] Text
LAMPIRAN 2.pdf

Download (180kB)

Abstract

Introduksi: Full day school merupakan suatu sistem kegiatan belajar mengajar yang bercirikan siswa memulai jam pelajaran pada pukul 07.00 WIB dan pulang pukul 15.00 WIB. Sistem pembelajaran tersebut memberikan kesempatan kepada siswa untuk dapat belajar selama 8 jam. Salah satu dampak diterapkannya full day school yaitu terjadinya stres akademik. Upaya untuk mengurangi stres akademik pada siswa sistem full day school dengan dukungan sosial keluarga yang baik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan dukungan sosial keluarga dengan stres akademik pada siswa sistem full day school SMAN 1 Besuki. Metode: Peneltian ini menggukan desain penelitian korelasi dengan pendekatan cross sectional dengan sampel 123 responden pada siswa sistem full day school. Teknik pengambilan sampel menggunakan proportional random sampling. Hasil: Hasil penelitian ini menunjukkan 97 responden (78,9%) memiliki dukungan sosial keluarga baik sedangkan untuk stres akademik konstruktif 98 responden (79,7%). Berdasarkan uji korelasi Spearman Rho diperoleh p value 0,000 <0,05 berarti H1 diterima sehingga dukungan sosial keluarga berhubungan dengan stres akademik. Diskusi: Faktor-faktor emosional dan informasional merupakan dukungan keluarga yang paling berpengaruh terhadap stres akademik. Kata kunci : Full day school; Stres akademik; Dukungan sosial keluarga; Daftar Pustaka : 61 (2008 – 2018)

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 600 Technology and Applied Science > 610 Medicine and Health
Divisions: Faculty of Health > Department of Nursing Science (S1)
Depositing User: rahma wahyu ningsih
Date Deposited: 11 Dec 2020 03:27
Last Modified: 11 Dec 2020 03:27
URI: http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/7270

Actions (login required)

View Item View Item