Dwi Purangga, Fanditya (2019) Studi Tebal Perkerasan Jalan Menggunakan Metode Bina Marga 2013 Dan Drainase Jalan (Studi Kasus: Jalan Raya Gumitir Km 231-233). Undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Jember.
Text
Artikel.pdf Download (739kB) |
|
Text
Pendahuluan.pdf Download (4MB) |
|
Text
Abstraksi.pdf Download (244kB) |
|
Text
BAB I.pdf Download (216kB) |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (838kB) |
|
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (268kB) |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (269kB) |
|
Text
Lampiran.pdf Download (4MB) |
Abstract
Perkerasan Lentur Jalan (flexible pavement) merupakan salah satu perkerasan yang umumnya menggunakan bahan campuran berasal sebagai lapis permukaan serta bahan berbutir sebagai lapisan di bawahnya. Sehingga lapisan perkerasan tersebut mempunyai flexibilitas/kelenturan yang dapat menciptakan kenyamanan kendaraan dalam melintas diatasnya. Perlu dilakukan kajian yang lebih intensif dalam penerapannya dan harus juga memperhitungkan secara ekonomis, sesuai dengan kondisi setempat, tingkat keperluan, kemampuan pelaksanaan dan syarat teknis lainnya, sehingga konstruksi jalan yang direncanakan itu adalah yang optimal. Drainase yang berasal dari bahasa inggris (drainage) mempunyai arti mengalirkan, menguras, membuang, atau mengalihkan air. Dalam bidang teknik sipil, secara umum drainase dapat didefinisikan sebagai suatu tindakan untuk mengurangi kelebihan air, yang berasal dari hujan, rembesan, maupun kelebihan air irigasi dari suatu kawasan / lahan, sehingga fungsi kawasan / lahan tidak terganggu. Drainase juga diartikan sebagai usaha untuk mengontrol kualitas air tanah dalam kaitannya sanitasi. Jadi, menyangkut tidak hanya air permukaan tapi juga air tanah. Berdasarkan data yang telah di olah menggunakan metode bina marga 2013 yang dapat diketahui bahwa terdapat beberapa hal yang mengalami perbedaan signifikan. Diketahui ESA 20 tahun = 3.922.232 menggunakan tebal lapis perkerasan HRS WC 3 cm, HRS Base 3.5 cm, LPA kelas A 37.5 cm sedangkan untuk dimensi saluran nilai b 0.6 m dan h 0.6 m. Kata Kunci: Derajat Kejenuhan/Kapasitas, Perkerasan Lentur,Metode Bina Bina Marga 2013, Drainase
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Subjects: | 600 Technology and Applied Science 600 Technology and Applied Science > 620 Engineering 600 Technology and Applied Science > 620 Engineering > 624 Civil Engineering |
|||||||||
Divisions: | Faculty of Engineering > Department of Civil Engineering (S1) | |||||||||
Department: | S1 Teknik Sipil | |||||||||
Depositing User: | Dinda Novitasari | |||||||||
Contributors: |
|
|||||||||
Date Deposited: | 14 Dec 2020 04:06 | |||||||||
Last Modified: | 14 Dec 2020 04:06 | |||||||||
URI: | http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/7322 |
Actions (login required)
View Item |