Studi Alternatif Konstruksi Jalan Menggunakan Konstruksi Timbunan Dengan Tanah Dasar Diperbaiki Menggunakan Kombinasi Preloading Dan Prefabricated Vertical Drain (Studi Kasus : Jalan Lingkar Luar Barat Surabaya Sta 1+050 – Sta 1+250

Rosidatul Jannah, Kholifatur (2019) Studi Alternatif Konstruksi Jalan Menggunakan Konstruksi Timbunan Dengan Tanah Dasar Diperbaiki Menggunakan Kombinasi Preloading Dan Prefabricated Vertical Drain (Studi Kasus : Jalan Lingkar Luar Barat Surabaya Sta 1+050 – Sta 1+250. Undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Jember.

[img] Text
ARTIKEL.pdf

Download (999kB)
[img] Text
ABSTRAKSI.pdf

Download (230kB)
[img] Text
BAB I PENDAHULUAN.pdf

Download (163kB)
[img] Text
PENDAHULUAN.pdf

Download (3MB)
[img] Text
BAB II TINJAUAN PUSTAKA REVISI 1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB III METODELOGI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (840kB)
[img] Text
BAB IV PEMBAHASAN REVISI 1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
BAB V PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (148kB)
[img] Text
LAMPIRAN FIX.pdf

Download (3MB)

Abstract

Pemerintah Provinsi Jawa Timur berupaya membangun jaringan jalan baru berupa Jalan Lingkar Luar Barat Surabaya (JLLB) yang memiliki panjang ± 19,8 km dengan lebar 55 meter. diharapkan dapat memecah kemacetan di pusat kota Surabaya guna memperlancar akses penduduk dan meningkatkan pertumbuhan ekonomi. Kondisi tanah pada lokasi ini merupakan tanah lempung lunak yang mencapai kedalaman 21 meter, tanah lunak sendiri memiliki sifat yang kurang menguntungkan secara teknis untuk mendukung suatu pekerjaan konstruksi. Pada umumnya tanah lunak memiliki daya dukung tanah yang rendah, permeabilitas rendah dan kompresibel tinggi menyebabkan tanah ini mudah mengalami penurunan yang sangat besar dan membutuhkan waktu yang lama. Salah satu alternatif perbaikan tanah untuk mengatasi masalah tersebut yaitu kombinasi metode preloading dengan prevabricated vertical drain. Metode ini dilakukan dengan cara membebani tanah dengan beban awal yang lebih besar atau sama dengan beban bangunan yang direncanakan. Studi ini bertujuan untuk mempercepat proses konsolidasi tanah guna menaikan daya dukung tanah sehingga konstruksi jalan menggunakan timbunan dapat dilaksanakan dan menganalisa efisiensi terhadap rencana anggaran biaya. Berdasarkan hasil analisa untuk mencapai tinggi timbunan final 4.949 m dibutuhkan Hinitial sebesar 6.76 m dengan total penurunan tanah sebesar 1.81 m, sebelum adanya perbaikan waktu konsolidasi sangat lama yang mencapai 100 tahun. Sehingga direncanakan penggunaan PVD dengan pola segitiga, jarak antar PVD 1 meter dengan panjang 12 meter dimana mampu mempercepat waktu konsolidasi tanah pada U 90% dengan waktu akhir proses pemampatan 7.5 minggu. Karena Hrencana > Hcr mengharuskan penimbunan dilakukan secara bertahap (Stepped Preloading) dengan Kenaikan daya dukung tanah sebesar 9.896 t/m2 memberikan angka keamanan 1.65 > 1.4 yang diizinkan. Total biaya konstruksi yang dibutuhkan yaitu Rp. 1,124,286,000.00. Kata Kunci: Preloading, Prefabricated vertical drain, Efisiensi biaya, Konsolidasi tanah

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 600 Technology and Applied Science
600 Technology and Applied Science > 620 Engineering
600 Technology and Applied Science > 620 Engineering > 624 Civil Engineering
Divisions: Faculty of Engineering > Department of Civil Engineering (S1 - Undergraduate Thesis)
Depositing User: Dinda Novitasari
Date Deposited: 15 Dec 2020 02:39
Last Modified: 15 Dec 2020 02:39
URI: http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/7345

Actions (login required)

View Item View Item