PENINGKATAN KEMAMPUAN BERCERITA DENGAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE EXPLICIT INSTRUCTIONS PADA SISWA KELAS VII SMP ISLAM BUSTANUL ULUM PAKUSARI TAHUN PELAJARAN 2017/2018

Taufik, Ahmad (2018) PENINGKATAN KEMAMPUAN BERCERITA DENGAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE EXPLICIT INSTRUCTIONS PADA SISWA KELAS VII SMP ISLAM BUSTANUL ULUM PAKUSARI TAHUN PELAJARAN 2017/2018. Undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Jember.

[img] Text
JURNAL.pdf

Download (309kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (88kB)
[img] Text
1. cover depan.pdf

Download (90kB)
[img] Text
3 Daftar Rujukan.pdf

Download (81kB)
[img] Text
1 BAB I.pdf

Download (337kB)
[img] Text
2 BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (326kB)
[img] Text
3 BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (336kB)
[img] Text
4 BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (536kB)
[img] Text
5 BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (254kB)
[img] Text
6 BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (161kB)
[img] Text
1 matrik lampiran 1.pdf

Download (159kB)

Abstract

Kata kunci: Peningkatan kemampuan bercerita, Model pembelajaran Kooperatif tipe Eksplisit Instruktion Tulisan ini difokuskan pada peningkatan keterampilan bercerita. Peneliti pengambil judul Peningkatan Kemampuan Bercerita Dengan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Explicit Instructions, karena peneliti ingin meningkatkan kemampuan siswa dalam bercerita. Permasalahan yang muncul pada latar belakang adalah Bagaimanakah Peningkatan Kemampuan Bercerita dengan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Explicit Instructions. Tujuan penelitian ini adalah Mendeskripsikan Kemampuan Bercerita dengan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Explicit Instructions. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Sasaran pada penelitian ini adalah siswa-siswi kelas (VII D). Lokasi penelitian di (SMP Islam Bustanul Ulum Pakusari Jember). Waktu penelitian tanggal 24 Oktober 2017 sampai Maret 2018. Prosedur penelitian yang dilakukan untuk menganalisis data ada empat yaitu a. Perencanaan, b. Pelaksanaan, c. analisis data, dan d. penyajian data. Kriteria kesuksesan dimana prestasi siswa dianggap memenuhi syarat. Pada KD 4.3 menceritakan kembali isi teks narasi (cerita fantasi) yang didengar dan dibaca dengan indicator nomer 3 menceritakan kembali cerita fantasi dan isi cerita fantasi, nilai KKM yang berlaku di (SMP Islam Bustanul Ulum pakusari) adalah 72,7. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data dalam penelitian ini adalah catatan lapangan, lembar pengamatan, angket, dan lembar penilaian bercerita Berdasarkan hasil penelitian diperoleh data sebagai berikut, hasil tes meliputi hasil tes prasiklus, hasil tes siklus I, dan hasil tes siklus II. Hasil tes prasiklus nilai rerata kelas sebesar 53,06. Pada siklus I rerata klasikal meningkat menjadi 63,87. Kemudian, pada siklus II nilai rerata kelas kembali meningkat menjadi 75,87. Hal ini bermakna terjadi peningkatan sebesar 18,79% dari siklus I ke siklus II atau 42,99% dari prasiklus ke siklus II. Hasil yang dicapai pada siklus II sudah memenuhi target rata-rata ditetapkan, yaitu 72,7. Peningkatan nilai ratarata ini membuktikan keberhasilan penggunaan model pembelajaran Kooperatif Tipe Explicit Instructions dalam pembelajaran bercerita.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 800 Literature and Rhetoric > 810 Indonesian Literatures
Divisions: Faculty of Teaching and Education Science > Department of Indonesian Literature Education (S1)
Depositing User: rahma wahyu ningsih
Date Deposited: 04 Jan 2021 04:19
Last Modified: 04 Jan 2021 04:19
URI: http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/7605

Actions (login required)

View Item View Item