PENINGKATAN KEMAMPUAN BERCERITA DENGAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE EXPLICIT INSTRUCTIONS PADA SISWA KELAS VII SMP ISLAM BUSTANUL ULUM PAKUSARI TAHUN PELAJARAN 2017/2018



Taufik, Ahmad (2018) PENINGKATAN KEMAMPUAN BERCERITA DENGAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE EXPLICIT INSTRUCTIONS PADA SISWA KELAS VII SMP ISLAM BUSTANUL ULUM PAKUSARI TAHUN PELAJARAN 2017/2018. Undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Jember.

[thumbnail of JURNAL.pdf] Text
JURNAL.pdf

Download (309kB)
[thumbnail of ABSTRAK.pdf] Text
ABSTRAK.pdf

Download (88kB)
[thumbnail of 1. cover depan.pdf] Text
1. cover depan.pdf

Download (90kB)
[thumbnail of 3 Daftar Rujukan.pdf] Text
3 Daftar Rujukan.pdf

Download (81kB)
[thumbnail of 1 BAB I.pdf] Text
1 BAB I.pdf

Download (337kB)
[thumbnail of 2 BAB II.pdf] Text
2 BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (326kB)
[thumbnail of 3 BAB III.pdf] Text
3 BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (336kB)
[thumbnail of 4 BAB IV.pdf] Text
4 BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (536kB)
[thumbnail of 5 BAB V.pdf] Text
5 BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (254kB)
[thumbnail of 6 BAB VI.pdf] Text
6 BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (161kB)
[thumbnail of 1 matrik lampiran 1.pdf] Text
1 matrik lampiran 1.pdf

Download (159kB)

Abstract

Kata kunci: Peningkatan kemampuan bercerita, Model pembelajaran Kooperatif tipe
Eksplisit Instruktion

Tulisan ini difokuskan pada peningkatan keterampilan bercerita. Peneliti pengambil
judul Peningkatan Kemampuan Bercerita Dengan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe
Explicit Instructions, karena peneliti ingin meningkatkan kemampuan siswa dalam bercerita.
Permasalahan yang muncul pada latar belakang adalah Bagaimanakah Peningkatan
Kemampuan Bercerita dengan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Explicit Instructions.
Tujuan penelitian ini adalah Mendeskripsikan Kemampuan Bercerita dengan Model
Pembelajaran Kooperatif Tipe Explicit Instructions.
Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Sasaran pada penelitian ini
adalah siswa-siswi kelas (VII D). Lokasi penelitian di (SMP Islam Bustanul Ulum Pakusari
Jember). Waktu penelitian tanggal 24 Oktober 2017 sampai Maret 2018. Prosedur penelitian
yang dilakukan untuk menganalisis data ada empat yaitu a. Perencanaan, b. Pelaksanaan, c.
analisis data, dan d. penyajian data. Kriteria kesuksesan dimana prestasi siswa dianggap
memenuhi syarat. Pada KD 4.3 menceritakan kembali isi teks narasi (cerita fantasi) yang
didengar dan dibaca dengan indicator nomer 3 menceritakan kembali cerita fantasi dan isi
cerita fantasi, nilai KKM yang berlaku di (SMP Islam Bustanul Ulum pakusari) adalah 72,7.
Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data dalam penelitian ini adalah catatan
lapangan, lembar pengamatan, angket, dan lembar penilaian bercerita
Berdasarkan hasil penelitian diperoleh data sebagai berikut, hasil tes meliputi hasil tes
prasiklus, hasil tes siklus I, dan hasil tes siklus II. Hasil tes prasiklus nilai rerata kelas sebesar
53,06. Pada siklus I rerata klasikal meningkat menjadi 63,87. Kemudian, pada siklus II nilai
rerata kelas kembali meningkat menjadi 75,87. Hal ini bermakna terjadi peningkatan sebesar
18,79% dari siklus I ke siklus II atau 42,99% dari prasiklus ke siklus II. Hasil yang dicapai
pada siklus II sudah memenuhi target rata-rata ditetapkan, yaitu 72,7. Peningkatan nilai ratarata

ini
membuktikan
keberhasilan
penggunaan
model
pembelajaran
Kooperatif
Tipe
Explicit

Instructions
dalam
pembelajaran
bercerita.

Contribution
Nama Dosen Pembimbing
NIDN/NIDK
UNSPECIFIED
Mijianti, Yerry
nidn0709108101

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 800 Literature and Rhetoric > 810 Indonesian Literatures
Divisions: Faculty of Teaching and Education Science > Department of Indonesian Literature Education (S1)
Depositing User: rahma wahyu ningsih | ningsihrahmawahyu@gmail.com
Date Deposited: 04 Jan 2021 04:19
Last Modified: 04 Jan 2021 04:19
URI: http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/7605

Actions (login required)

View Item View Item