PENINGKATAN KEMAMPUAN BERCERITA DENGAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE EXPLICIT INSTRUCTIONS PADA SISWA KELAS VII SMP ISLAM BUSTANUL ULUM PAKUSARI TAHUN PELAJARAN 2017/2018
Taufik, Ahmad (2018) PENINGKATAN KEMAMPUAN BERCERITA DENGAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE EXPLICIT INSTRUCTIONS PADA SISWA KELAS VII SMP ISLAM BUSTANUL ULUM PAKUSARI TAHUN PELAJARAN 2017/2018. Undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Jember.
![]() |
Text
JURNAL.pdf Download (309kB) |
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Download (88kB) |
![]() |
Text
1. cover depan.pdf Download (90kB) |
![]() |
Text
3 Daftar Rujukan.pdf Download (81kB) |
![]() |
Text
1 BAB I.pdf Download (337kB) |
![]() |
Text
2 BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (326kB) |
![]() |
Text
3 BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (336kB) |
![]() |
Text
4 BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (536kB) |
![]() |
Text
5 BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (254kB) |
![]() |
Text
6 BAB VI.pdf Restricted to Repository staff only Download (161kB) |
![]() |
Text
1 matrik lampiran 1.pdf Download (159kB) |
Abstract
Kata kunci: Peningkatan kemampuan bercerita, Model pembelajaran Kooperatif tipe
Eksplisit Instruktion
Tulisan ini difokuskan pada peningkatan keterampilan bercerita. Peneliti pengambil
judul Peningkatan Kemampuan Bercerita Dengan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe
Explicit Instructions, karena peneliti ingin meningkatkan kemampuan siswa dalam bercerita.
Permasalahan yang muncul pada latar belakang adalah Bagaimanakah Peningkatan
Kemampuan Bercerita dengan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Explicit Instructions.
Tujuan penelitian ini adalah Mendeskripsikan Kemampuan Bercerita dengan Model
Pembelajaran Kooperatif Tipe Explicit Instructions.
Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Sasaran pada penelitian ini
adalah siswa-siswi kelas (VII D). Lokasi penelitian di (SMP Islam Bustanul Ulum Pakusari
Jember). Waktu penelitian tanggal 24 Oktober 2017 sampai Maret 2018. Prosedur penelitian
yang dilakukan untuk menganalisis data ada empat yaitu a. Perencanaan, b. Pelaksanaan, c.
analisis data, dan d. penyajian data. Kriteria kesuksesan dimana prestasi siswa dianggap
memenuhi syarat. Pada KD 4.3 menceritakan kembali isi teks narasi (cerita fantasi) yang
didengar dan dibaca dengan indicator nomer 3 menceritakan kembali cerita fantasi dan isi
cerita fantasi, nilai KKM yang berlaku di (SMP Islam Bustanul Ulum pakusari) adalah 72,7.
Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data dalam penelitian ini adalah catatan
lapangan, lembar pengamatan, angket, dan lembar penilaian bercerita
Berdasarkan hasil penelitian diperoleh data sebagai berikut, hasil tes meliputi hasil tes
prasiklus, hasil tes siklus I, dan hasil tes siklus II. Hasil tes prasiklus nilai rerata kelas sebesar
53,06. Pada siklus I rerata klasikal meningkat menjadi 63,87. Kemudian, pada siklus II nilai
rerata kelas kembali meningkat menjadi 75,87. Hal ini bermakna terjadi peningkatan sebesar
18,79% dari siklus I ke siklus II atau 42,99% dari prasiklus ke siklus II. Hasil yang dicapai
pada siklus II sudah memenuhi target rata-rata ditetapkan, yaitu 72,7. Peningkatan nilai ratarata
ini
membuktikan
keberhasilan
penggunaan
model
pembelajaran
Kooperatif
Tipe
Explicit
Instructions
dalam
pembelajaran
bercerita.
ContributionNama Dosen PembimbingNIDN/NIDKUNSPECIFIEDMijianti, Yerrynidn0709108101
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 800 Literature and Rhetoric > 810 Indonesian Literatures |
Divisions: | Faculty of Teaching and Education Science > Department of Indonesian Literature Education (S1) |
Depositing User: | rahma wahyu ningsih | ningsihrahmawahyu@gmail.com |
Date Deposited: | 04 Jan 2021 04:19 |
Last Modified: | 04 Jan 2021 04:19 |
URI: | http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/7605 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |