Arum Zakaria, Febri (2018) TUTURAN PERSUASI PADA KEGIATAN PEMASARAN SISWA SMK 1 PANCASILA AMBULU: SEBUAH KAJIAN RETORIKA. Undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Jember.
Text
ARTIKEL.pdf Download (482kB) |
|
Text
Abstrak.pdf Download (235kB) |
|
Text
PENDAHULUAN.pdf Download (274kB) |
|
Text
BAB 1.pdf Download (303kB) |
|
Text
BAB 2.pdf Restricted to Repository staff only Download (217kB) |
|
Text
BAB 3.pdf Restricted to Repository staff only Download (266kB) |
|
Text
BAB 4.pdf Restricted to Repository staff only Download (214kB) |
|
Text
BAB 5.pdf Restricted to Repository staff only Download (204kB) |
|
Text
BAB 6.pdf Restricted to Repository staff only Download (169kB) |
|
Text
LAMPIRAN.pdf Download (732kB) |
Abstract
Kata Kunci: Isi Pesan Persuasi, Pemasaran Siswa Siswa harus menerapkan isi pesan persuasi dalam pelaksanaan kegiatan praktikum pemasaran, tujuannya agar dapat mempermudah proses penyampaian untuk mencapai target pemasaran. Isi pesan persuasi merupakan salah satu strategi menarik perhatian khalayak yang dapat diterapkan dalam bidang pemasaran. Penelitian ini mengangkat permasalahan yaitu bagaimanakah bentuk isi pesan persuasi pada kegiatan pemasaran siswa SMK 1 Pancasila Ambulu. Tujuannya untuk mendeskripsikan bentuk isi pesan persuasi pada kegiatan pemasaran siswa SMK 1 Pancasila Ambulu. Jenis penelitian ini adalah kualitatif. Penelitian dilaksanakan di SMK 1 Pancasila Ambulu tepatnya pada kelas X PM 2. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan cara simak, rekam, dan catat. Adapun instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah key instrumen atau peneliti sendiri dengan menggunakan instrumen penunjang berupa aplikasi recorder dan tabel klasifikasi data. Data yang telah dikumpulkan dianalisis menggunakan metode padan intralingual dengan teknik lanjutan hubung menyamakan. Hasil penelitian ini ditemukan penggunaan strategi persuasi dilihat dari segi isi pesan persuasi yaitu, menarik perhatian, meyakinkan, dan menyentuh atau menggerakkan. Isi pesan persuasi tersebut digunakan oleh siswa kelas X PM 2 dalam kegiatan praktikum pemasaran, bertujuan untuk menarik simpati konsumen, menarik empati konsumen agar lebih yakin, dan membangun keakraban antara produsen dan konsumen. Berdasarkan hasil tersebut, simpulan dari penelitian ini yaitu ketiga isi pesan persuasi yang digunakan oleh siswa dalam kegiatan praktikum pemasaran sesuai dengan teori yang dikemukakan oleh Rakhmat. Tujuannya agar tercapainya keinginan produsen dalam proses pemasaran.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Subjects: | 800 Literature and Rhetoric > 810 Indonesian Literatures | |||||||||
Divisions: | Faculty of Teaching and Education Science > Department of Indonesian Literature Education (S1) | |||||||||
Department: | S1 Pendidikan Bahasa Indonesia | |||||||||
Depositing User: | rahma wahyu ningsih | |||||||||
Contributors: |
|
|||||||||
Date Deposited: | 05 Jan 2021 04:03 | |||||||||
Last Modified: | 05 Jan 2021 04:03 | |||||||||
URI: | http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/7654 |
Actions (login required)
View Item |