PENERAPAN COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION (CIRC) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN MENEMUKAN GAGASAN UTAMA SISWA KELAS VII MTS AL IRSYAD AL ISLAMIYAH

Nova Saputra, Ifanda Cahya (2018) PENERAPAN COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION (CIRC) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN MENEMUKAN GAGASAN UTAMA SISWA KELAS VII MTS AL IRSYAD AL ISLAMIYAH. Undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Jember.

[img] Text
artikel - Copy.pdf

Download (526kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (166kB)
[img] Text
BAGIAN AWAL.pdf

Download (300kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (160kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (254kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (270kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (239kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (578kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (283kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (164kB)
[img] Text
DOKUMENTASI PELAKSANAAN PENELITIAN SIKLUS I.pdf

Download (534kB)

Abstract

Kata kunci: Hasil belajar, Partisipasi, Cooperative Integrated Reading and Composition. Hasil belajar siswa kelas VII MTs Al Irsyad Al Islamiyah masih rendah khususnya pada mata pelajaran Bahasa Indonesia materi pokok menemukan gagasan utama paragraf. Hal ini berdasarkan hasil observasi nilai siswa diperoleh data dari 16 siswa kelas VII diketahui ada 9 siswa yang belum tuntas dan 7 siswa yang tuntas belajarnya dengan persentase ketuntasan sebesar 44%. Masalah yang dikaji dalam penelitian ini adalah bagaimana metode pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) dapat meningkatkan kemampuan siswa pada pelajaran membaca pemahaman dalam menemukan gagasan utama paragraf. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan partisipasi dan hasil belajar siswa kelas VII MTs AL Irsyad Al Islamiyah setelah dilaksanakannya tindakan pembelajaran dengan menggunakan metode pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC). Penelitian ini menggunakan 1 siklus. Subjek penelitian siswa kelas VII MTs Al Irsyad Al Islamiyah. Desain penelitian menggunakan PTK model Kurt Lewin dengan menggunakan 4 langkah yaitu Perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Instrumen penelitian ini menggunakan observasi, tes, wawancara dan dokumentasi berupa foto. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan pada hasil belajar dan partisipasi siswa dengan diterapkannya metode pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC), terbukti nilai siswa sebelum dilakukan tindakan atau pada pra siklus hanya 44% yang mencapai ketuntasan sedangkan setelah dilakukan tindakan atau pada siklus I nilai siswa yang mencapai ketuntasan sebanyak 100%. Semua siswa mencapai nilai ketuntasan. Berdasarkan dari hasil penelitian, peneliti menyarankan pada guru agar mempertimbangkan untuk menggunakan metode pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) sebagai alternatif metode pembelajaran. Untuk siswa, peneliti menyarankan supaya selalu bersemangat mengikuti kegiatan pembelajaran. Kemudian terakhir ditujukan kepada peneliti selanjutnya agar dilakukan penelitian lanjutan pada aspek yang berbeda dengan menggunakan metode yang berbeda pula untuk menambah alternatif metode pembelajaran yang dapat digunakan untuk meningkatkan partisipasi dan hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 800 Literature and Rhetoric > 810 Indonesian Literatures
Divisions: Faculty of Teaching and Education Science > Department of Indonesian Literature Education (S1)
Department: S1 Pendidikan Bahasa Indonesia
Depositing User: rahma wahyu ningsih
Contributors:
ContributionContributor NameNIDN/NIDK
UNSPECIFIEDHanafi, Hanafinidn0015086701
UNSPECIFIEDMerdeka Citraningrum, Dinanidn0717088701
Date Deposited: 08 Jan 2021 01:44
Last Modified: 08 Jan 2021 01:44
URI: http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/7710

Actions (login required)

View Item View Item