Nova Saputra, Ifanda Cahya (2018) PENERAPAN COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION (CIRC) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN MENEMUKAN GAGASAN UTAMA SISWA KELAS VII MTS AL IRSYAD AL ISLAMIYAH. Undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Jember.
Text
artikel - Copy.pdf Download (526kB) |
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (166kB) |
|
Text
BAGIAN AWAL.pdf Download (300kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (160kB) |
|
Text
BAB I.pdf Download (254kB) |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (270kB) |
|
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (239kB) |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (578kB) |
|
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (283kB) |
|
Text
BAB VI.pdf Restricted to Repository staff only Download (164kB) |
|
Text
DOKUMENTASI PELAKSANAAN PENELITIAN SIKLUS I.pdf Download (534kB) |
Abstract
Kata kunci: Hasil belajar, Partisipasi, Cooperative Integrated Reading and Composition. Hasil belajar siswa kelas VII MTs Al Irsyad Al Islamiyah masih rendah khususnya pada mata pelajaran Bahasa Indonesia materi pokok menemukan gagasan utama paragraf. Hal ini berdasarkan hasil observasi nilai siswa diperoleh data dari 16 siswa kelas VII diketahui ada 9 siswa yang belum tuntas dan 7 siswa yang tuntas belajarnya dengan persentase ketuntasan sebesar 44%. Masalah yang dikaji dalam penelitian ini adalah bagaimana metode pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) dapat meningkatkan kemampuan siswa pada pelajaran membaca pemahaman dalam menemukan gagasan utama paragraf. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan partisipasi dan hasil belajar siswa kelas VII MTs AL Irsyad Al Islamiyah setelah dilaksanakannya tindakan pembelajaran dengan menggunakan metode pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC). Penelitian ini menggunakan 1 siklus. Subjek penelitian siswa kelas VII MTs Al Irsyad Al Islamiyah. Desain penelitian menggunakan PTK model Kurt Lewin dengan menggunakan 4 langkah yaitu Perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Instrumen penelitian ini menggunakan observasi, tes, wawancara dan dokumentasi berupa foto. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan pada hasil belajar dan partisipasi siswa dengan diterapkannya metode pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC), terbukti nilai siswa sebelum dilakukan tindakan atau pada pra siklus hanya 44% yang mencapai ketuntasan sedangkan setelah dilakukan tindakan atau pada siklus I nilai siswa yang mencapai ketuntasan sebanyak 100%. Semua siswa mencapai nilai ketuntasan. Berdasarkan dari hasil penelitian, peneliti menyarankan pada guru agar mempertimbangkan untuk menggunakan metode pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) sebagai alternatif metode pembelajaran. Untuk siswa, peneliti menyarankan supaya selalu bersemangat mengikuti kegiatan pembelajaran. Kemudian terakhir ditujukan kepada peneliti selanjutnya agar dilakukan penelitian lanjutan pada aspek yang berbeda dengan menggunakan metode yang berbeda pula untuk menambah alternatif metode pembelajaran yang dapat digunakan untuk meningkatkan partisipasi dan hasil belajar siswa.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Subjects: | 800 Literature and Rhetoric > 810 Indonesian Literatures | |||||||||
Divisions: | Faculty of Teaching and Education Science > Department of Indonesian Literature Education (S1) | |||||||||
Department: | S1 Pendidikan Bahasa Indonesia | |||||||||
Depositing User: | rahma wahyu ningsih | |||||||||
Contributors: |
|
|||||||||
Date Deposited: | 08 Jan 2021 01:44 | |||||||||
Last Modified: | 08 Jan 2021 01:44 | |||||||||
URI: | http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/7710 |
Actions (login required)
View Item |