KEMAMPUAN MENEMUKAN UNSUR KEBAHASAAN TEKS ANEKDOT KELAS X AK. 1 SMK 1 PANCASILA TAHUN PELAJARAN 2017-2018

Zaman, Komarus (2018) KEMAMPUAN MENEMUKAN UNSUR KEBAHASAAN TEKS ANEKDOT KELAS X AK. 1 SMK 1 PANCASILA TAHUN PELAJARAN 2017-2018. Undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Jember.

[img] Text
Artikel.pdf

Download (685kB)
[img] Text
Pendahuluan.pdf

Download (474kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (287kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (522kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (459kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (575kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (656kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (341kB)
[img] Text
1. daftar rujukan.pdf

Download (259kB)
[img] Text
2. Matrik Penelitian.pdf

Download (264kB)

Abstract

Kata Kunci: konjungsi yang menyatakan waktu, kata kerja aksi Konjungsi yang menyatakan waktu dan kata kerja aksi adalah dua dari enam unsur kebahasaan yang terdapat dalam teks anekdot. Konjungsi yang menyatakan waktu diartikan sebagai kata hubung yang menghubungkan pernyataan waktu antara dua buah peristiwa, atau tindakan antara dua buah klausa pada sebuah kalimat. Kata kerja aksi adalah kata kerja yang menunjukkan bahwa suatu subyek sedang melakukan suatu kegiatan, tindakan, aksi atau perbuatan. Permasalahan yang muncul dari latar belakang adalah bagaimana kemampuan siswa menemukan unsur kebahasaan konjungsi yang menyatakan waktu dan kata kerja aksi pada teks anekdot. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan tentang kemampuan siswa menemukan usur kebahasaan konjungsi yang menyatakan waktu dan kata kerja aksi pada teks anekdot. Jenis penelitian ini adalah kualitatif. Sasaran pada penelitian ini adalah siswa-siswi kelas X Ak. 1 SMK 1 Pancasila. Tempat penelitian ini adalah SMK 1 Pancasila Ambulu, pada tanggal 20 Februari 2018. Teknik pengumpulan data adalah teknik dokumentasi. Instrumen dalam penelitian ini adalah peneliti sendiri. Data dalam penelitian dianalisis dengan metode analisis deskriptif kualitatif. Analsis data menunjukkan unsur kebahasaan konjungsi yang menyatakan waktu dan kata kerja aksi yang telah ditemukan oleh siswa pada teks anekdot berjudul “cara keledai membaca buku”. Peneliti memberikan tugas kepada siswa untuk menganalisis dan mencari unsur kebahasaan konjungsi yang menyatakan waktu dan kata kerja aksi, kemudian peneliti mengoreksi jawaban benar siswa dan menjumlahkannya sebagai bahan untuk melakukan pengkategorian dan konversi terhadap nilai yang akan diberikan. Jawaban yang dimaksud adalah kata dalam teks anekdot yang termasuk kepada unsur kebahasaan konjungsi yang menyatakan waktu dan kata kerja aksi. Berdasarkan hasil tersebut, simpulan dari penelitian ini adalah dari sejumlah 37 siswa di kelas X Ak. 1 peneliti menemukan perbedaan pada tingkat kemampuan dalam menemukan unsur kebahasaan, hal ini dibuktikan adanya perbedaan nilai yang diperoleh siswa. Temuan nilai yang didapatkan peneliti menyatakan bahwa, sebanyak 6 siswa mendapatkan nilai A, sebanyak 17 mendapatkan nilai A-, sebanyak 3 siswa mendapatkan nilai B, sebanyak 3 siswa mendapatkan nilai B-, dan sebanyak 8 siswa mendapatkan nilai B+.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 800 Literature and Rhetoric > 810 Indonesian Literatures
Divisions: Faculty of Teaching and Education Science > Department of Indonesian Literature Education (S1)
Department: S1 Pendidikan Bahasa Indonesia
Depositing User: rahma wahyu ningsih
Contributors:
ContributionContributor NameNIDN/NIDK
UNSPECIFIEDHanafi, Hanafinidn0015086701
Date Deposited: 08 Jan 2021 03:30
Last Modified: 08 Jan 2021 03:30
URI: http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/7727

Actions (login required)

View Item View Item