TINDAK TUTUR EKSPRESIF GURU TERHADAP SISWA DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA SISWA KELAS VIII MTS MIFTAHUL ULUM

Febrianti, Merry (2018) TINDAK TUTUR EKSPRESIF GURU TERHADAP SISWA DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA SISWA KELAS VIII MTS MIFTAHUL ULUM. Undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Jember.

[img] Text
ARTIKEL MERRRYYY.pdf

Download (776kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (223kB)
[img] Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (347kB)
[img] Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf

Download (106kB)
[img] Text
BAB I PENDAHULUAN.pdf

Download (461kB)
[img] Text
BAB II TINJAUAN PUSTAKA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (526kB)
[img] Text
BAB III METODE PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (311kB)
[img] Text
BAB IV PAPARAN DATA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (663kB)
[img] Text
BAB V PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (302kB)
[img] Text
BAB VI KESIMPULAN DAN SARAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (227kB)
[img] Text
MATRIK PENELITIAN.pdf

Download (258kB)

Abstract

Kata kunci: tindak tutur, fungsi ekspresif, modus ekspresif Tindak tutur merupakan teori yang meneliti tentang makna kalimat dan bukannya teori yang lebih cenderung berusaha menganalisis struktur kalimat. Tindak tutur adalah produk atau hasil dari suatu kalimat dalam kondisi tertentu dan merupakan kesatuan terkecil dari komunikasi bahasa. Fungsi ekspresif adalah tindak tutur yang digunakan untuk mengekspresikan atau mengungkapkan sikap psikologis penutur terhadap lawan tuturnya. Modus ekspresif adalah pengungkapan atau penggambaran suasana psikologis perbuatan menurut tafsiran si pembaca atau sikap si pembicara tentang apa yang diucapkannya. Permasalahan yang muncul dari latar belakang adalah apa fungsi tuturan ekspresif dan modus tindak tutur ekspresif yang digunakan guru terhadap siswa dalam pembelajaran bahasa Indonesia kelas VIII MTS Miftahul Ulum. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan fungsi tuturan ekspresif dan modus tindak tutur ekspresif yang digunakan guru terhadap siswa dalam pembelajaran bahasa Indonesia kelas VIII MTS Miftahul Ulum. Jenis penelitian ini adalah kualitatif. Sasaran pada penelitian ini adalah guru bahasa Indonesia MTS Miftahul Ulum. Tempat penelitian ini di MTS Miftahul Ulum, pada tanggal 19 April 2018. Teknik pengumpul data adalah teknik rekam, simak catat, dan transkrip data. Instrumen dalam penelitian adalah peneliti selaku instrumen utama, dan instrumen bantu berupa rekaman percakapan, dan tabulasi data. Data dalam penelitian dianalisis dengan metode padan dan teknik lanjutan berupa submetode pragmatis. Hasil analisis data menunjukkan fungsi tindak tutur ekspresif yang digunakan guru adalah lima fungsi ekspresif. Fungsi tindak tutur ekspresif tersebut adalah tindak tutur ekspresif fungsi menyapa, menyindir, mengkritik, marah, dan memuji. Dan modus tindak tutur ekspresif yang digunakan guru adalah tiga modus. Modus tindak tutur ekspresif tersebut adalah modus tindak tutur ekspresif optatif, interogatif, dan imperatif. Berdasarkan hasil tersebut, simpulan dari penelitian ini adalah sebagai guru bahasa Indonesia yang baik pasti akan menggunakan tindak tutur ekspresif yang baik.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 800 Literature and Rhetoric > 810 Indonesian Literatures
Divisions: Faculty of Teaching and Education Science > Department of Indonesian Literature Education (S1)
Department: S1 Pendidikan Bahasa Indonesia
Depositing User: rahma wahyu ningsih
Contributors:
ContributionContributor NameNIDN/NIDK
UNSPECIFIEDHuda, Tanzilnidn0723036803
UNSPECIFIEDAmilia, Fitrinidn0725068501
Date Deposited: 08 Jan 2021 04:02
Last Modified: 08 Jan 2021 04:02
URI: http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/7733

Actions (login required)

View Item View Item