Peningkatan Kecerdasan Visual-Spasial Dan Hasil Belajar Siswa Melalui Penerapan Model Problem Based Learning (Siswa Kelas VII-C SMP Argopuro 1 Panti Pada Pokok Bahasan Klasifikasi Makhluk Hidup)

Yulianti, Rina (2018) Peningkatan Kecerdasan Visual-Spasial Dan Hasil Belajar Siswa Melalui Penerapan Model Problem Based Learning (Siswa Kelas VII-C SMP Argopuro 1 Panti Pada Pokok Bahasan Klasifikasi Makhluk Hidup). Undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Jember.

[img] Text
Jurnal.pdf

Download (190kB)
[img] Text
PENDAHULUAN.pdf

Download (314kB)
[img] Text
1. bab 1 ptk.pdf

Download (131kB)
[img] Text
2. bab 2 ptk.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (190kB)
[img] Text
3. bab 3 ptk.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (293kB)
[img] Text
4. bab 4 ptk.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (240kB)
[img] Text
5. bab 5 ptk.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (134kB)
[img] Text
6. bab 6 ptk.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (109kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (3MB)

Abstract

Kecerdasan visual-spasial yaitu suatu kegiatan mental yang melibatkan kerja otak dalam membentuk apersepsi berdasarkan aspek penglihatan yang dapat belajar secara visual melalui penglihatannya dan menyusun suatu secara visual yang sudah tersedia di lingkungan sekitar sekolahyang di gunakan dalam meningkatkan kcerdasan visual-spasial dengan cara belajar dan bekerjasama dalam kelompok untuk mencari penyelesaian masalah-masalah di dunia nyata. Simulasi masalah di gunakan untuk mengaktifkan keingin tauan siswa sebelum mulai mempelajari suatu subyek Menurut observasi dapat dilihat di kelas VII-C SMP Argopuro 1 Panti menunjukkan bahwa hasil belajar kognitif siswa, kecerdasan visual-spasial siswa masih tergolong rendah. Pembelajaran yang didominasi oleh guru masih menggunakan model dan metode yang kurang bervariasi menyebabkan siswa kurang antusias dalam proses pembelajaran. Hal tersebut juga dapat menyebabkan kecerdasan visual-spasial siswa kurang berkembang dengan baik dan rendah, sehingga dapat mempengaruhi hasil belajar siswa. Salah satu untuk mengatasi maslah tersebut dengan meningkatkan kecerdasan visual-spasial siswa dan hasil belajar meelalui penerapan model Problem Based Learning (siswa kelas VII-C SMP Argopuro 1 Panti, pokok bahasan Klasifikasi Makhluk Hidup). Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kecerdasan visual-spasial siswa melaui model pembelajaran Problem Based Learning dan untuk memngetahui peningkatan hasil belajar siswa dengan menggunakan kecerdsan visual-spasial (siswa kelas VII-C SMP Argopuro 1 Panti, pokok bahasan Klasifikasi Makhluk Hidup). Penelitian ini dilakukan di SMP Argopuro 1 Panti di kelas VII-C yang di laksanakan pada tanggal 21 Agustus sampai 30 Agustus 2018. Jenis Penelitian yang diguanak adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang di lakukan dalam 2 siklus dan setiap siklus terdiri dari 4 tahap: (1) Perencanaan, (2) Pelaksanaan, (3) Observasi, (4) Refleksi. Metode pengumpulan data didapat melalui wawancara, observasi, dokumentasi dan test. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan pada Hasil belajar siklus I ketuntasan klasikal ada 21 siswa dengan persentase 65,63% katagori “rendah” dan pada siklus II ada 28 siswa dengan persentase 87,5% dengan katagori “tinggi”. Dan untuk kecerdasan visual-spasial siklus I dengan persentase 72,04% dengan katagori “sedang” sedangkan siklus II 86,66% dengan katagori “tinggi”. Kata Kunci: Kecerdasan Visual-Spasial, Problem Based Learning, hasil belajar, klasifikasi makhluk Hidup.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 500 Natural Science and Mathematics
500 Natural Science and Mathematics > 570 Biology
Divisions: Faculty of Teaching and Education Science > Department of Biology Education (S1)
Depositing User: Dinda Novitasari
Date Deposited: 11 Jan 2021 02:05
Last Modified: 11 Jan 2021 02:05
URI: http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/7747

Actions (login required)

View Item View Item