. Penerapa Lesson study dengan discovery learning meningkatkan hasil belajar dan kemampuan berkerjasama peserta didik kelas XI MIPA 5 SMA Muhammadiyah 3 Jember (Pada Pokok Bahasan Sistem Pertahanan Tubuh Pada Siswa Kelas XI MIPA 6 SMA Muhammadiyah 3 Jember Tahun Ajaran 2017/2018)

Widyasina, Rahmi Nur (2018) . Penerapa Lesson study dengan discovery learning meningkatkan hasil belajar dan kemampuan berkerjasama peserta didik kelas XI MIPA 5 SMA Muhammadiyah 3 Jember (Pada Pokok Bahasan Sistem Pertahanan Tubuh Pada Siswa Kelas XI MIPA 6 SMA Muhammadiyah 3 Jember Tahun Ajaran 2017/2018). Undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Jember.

[img] Text
ARTIKEL.pdf

Download (525kB)
[img] Text
Cover-Skripsi.pdf

Download (369kB)
[img] Text
daftar pustaka.pdf

Download (150kB)
[img] Text
DAFTAR-ISI.pdf

Download (171kB)
[img] Text
DAFTAR-LAMPIRAN.pdf

Download (145kB)
[img] Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf

Download (146kB)
[img] Text
KATA PENGANTAR.pdf

Download (5kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (155kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (286kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (296kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (723kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (35kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (150kB)
[img] Text
Lampiran 1.pdf

Download (226kB)

Abstract

Kurikulm 2013 merupakan kurikulum yang berlaku di Indonesia pada saat ini. Pada kurikulum 2013 menekankan pengembangan kompetensi pengetahuan, keterampilan dan sikap peserta didik secara seimbang.hasil analisis yang didapat pada saat prasiklus, ketuntasan klasikal hasil belajar peserta didiknya yaitu 6% dan kemampuan kerjasamanya 16%. Berdasakan prasiklus yang telah dilaksanakan peneliti melakukan strategi untuk meningkatkan hasil belajar dan kemampuan hasil belajar dengan perapan lesson study dan discovery learning. Lesson study yaitu kolaborasi antar pendidik untuk meningkatkan kualitas pembelajaran. Discovery learning atau model pembelajaran model pembelajar yang membimbing peserta didik untuk menemukan hal-hal yang baru. Rumusan masalah pada penelitian ini yaitu Penerapan Lesson Study dengan Discovery Learinng Meningkatkan Hasil Belajar dan Kemampuan Bekerjasama Pada Siswa kelas XI MIPA 5 SMA Muhammadiyah 3 Jember. Penelitian ini bertujuan Untuk mengetahui Penerapan Lesson Study Dengan Discovery Learning Meningkatkan Hasil Belajar dan Kemampuan Bekerjasama Kelas XI MIPA 5 SMA Muhammadiyah 3 Jember. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Muhammadiyah 3 Jember. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindak Kelas berbasis Lesson Study yang dilakukan selama 2 siklus dengan 4 kali pertemuan. Teknik pengambilan data hasil belajar dengan test evaluasi, sedeangkan untuk pengambilan data kemampuan kerjasama dengan observasi dan dokumentasi. Dari hasil penelitian dilakukan selama II siklus diperoleh hasil keinakan sebanyak 42.29 dari prasiklus hingga ke siklus II, sedangkan pada kerjasama terdapat kenaikan sebanyak 47% dari prasiklus hingga ke siklus II.Kesimpulan dari penelitian ini yaitu perapan lesson study dan discovery learning terbukti dapat meningkatkan hasil belajar dan kemampuan bekerjasama peserta didik. Hasil belajar dan kemampuan berkerjasama meningkat serta berhasil memenuhi kriteria ketuntasan. Kata kunci : Lesson study, discovery learning, hasil belajar, kemampuan bekerjasama.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 500 Natural Science and Mathematics
500 Natural Science and Mathematics > 570 Biology
Divisions: Faculty of Teaching and Education Science > Department of Biology Education (S1)
Depositing User: Dinda Novitasari
Date Deposited: 11 Jan 2021 02:23
Last Modified: 11 Jan 2021 02:23
URI: http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/7751

Actions (login required)

View Item View Item