Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Berbasis Multimedia Adobe Flash Cs8 Berbantuan Aplikasi Geogebra pada Bangun Ruang Balok dan Kubus

Maulana, Anom (2018) Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Berbasis Multimedia Adobe Flash Cs8 Berbantuan Aplikasi Geogebra pada Bangun Ruang Balok dan Kubus. Undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Jember.

[img] Text
ARTIKEL FLASH & GEOGEBRA.pdf

Download (271kB)
[img] Text
PENDAHULUAN.pdf

Download (495kB)
[img] Text
14. Abstrak.pdf

Download (175kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (204kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (429kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (263kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (179kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (3MB)

Abstract

Kemajuan teknologi informasi dan komunikasi (TIK) serta meluasnya perkembangan infrastruktur informasi global telah mengubah pola dan berbagai cara kegiatan bisnis, industri, perdagangan, pendidikan dan pemerintahan. Dalam dunia pendidikan di tuntut harus ikut andil dalam mengembangkan teknologi informasi dan komunikasi. Program komputer yang dapat dijadikan sebagai alat untuk membuat media pembelajaran yang menarik salah satunya adalah power point, Geogebra dan adobe flash cs8. Jika dilihat dari kualitasnya, GeoGebra dan adobe flash cs8 lebih baik dibandingkan dengan power point. Materi matematika yang memerlukan media pembelajaran yang dapat menganimasikan objek secara jelas dan menarik adalah materi balok dan kubus. Salah satu sekolah di daerah jember yang memiliki fasilitas cukup memadai dengan tersedianya laboratorium komputer yaitu SMK Madinatul Ulum Cangkring. Berdasarkan uraian tersebut, maka dapat dipandang perlu untuk mengembangkan sebuah media pembelajaran matematika berbasis multimedia adobe flash cs8 berbantuan aplikasi geogebra pada pokok bahasan bangun ruang balok dan kubus di kelas XI SMK Madinatul Ulum Cangkring. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran matematika berbasis multimedia komputer dengan software adobe flash cs8 dan aplikasi geogebra pada pokok bahasan balok dan kubus yang berkualitas baik. Produk hasil pengembangan dinilai dengan menggunakan penilaian angket. Berdasarkan hasil uji coba, program yang diujikan kepada 3 ahli yaitu: ahli pemrograman, ahli materi, dan ahli desain serta 18 siswa, untuk mengetahui validitas, kepraktisan, dan keefektifan media pembelajaran ini. Hasil dari angket menunjukkan bahwa program media pembelajaran matematika ini untuk kriteria pemrograman telah valid dengan skor rata-rata sebesar 3,84. Untuk kriteria materi diperoleh skor rata-rata sebesar 3,91 atau dalam kategori sangat baik. Untuk kriteria desain juga sudah valid dengan skor rata-rata sebesar 3,63. Media pembelajaran ini juga dikatakan praktis karena persentase nilai siswa 94,4% tuntas dari hasil tes untuk memenuhi standar KKM. Sedangkan untuk kriteria keefektifan, respon siswa diperoleh persentase sebesar 85,95% atau dalam kategori positif. Sehingga media pembelajaran ini juga dinyatakan efektif. Berdasarkan dari ketiga kriteria yaitu (1) valid menurut para ahli, (2) praktis, (3) efektif, dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran matematika berbasis multimedia adobe flash cs8 berbantuan aplikasi geogebra pada pokok bahasan bangun ruang balok dan kubus ini berkualitas baik. Kata kunci : Kemajuan Teknologi, Media Pembelajaran Matematika, berbasis komputer, Adobe Flash, GeoGebra, Balok dan Kubus.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 500 Natural Science and Mathematics
500 Natural Science and Mathematics > 510 Mathematics
Divisions: Faculty of Teaching and Education Science > Department of Mathematics Education (S1)
Depositing User: Dinda Novitasari
Date Deposited: 11 Jan 2021 03:40
Last Modified: 11 Jan 2021 03:40
URI: http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/7767

Actions (login required)

View Item View Item