PENGARUH PEMBELAJARAN METODE ROLE PLAYING TERHADAP KETERAMPILAN BERBICARA SISWA KELAS VIII MTS BAITUL HIKMAH TEMPUREJO 2017/2018

MUJAHIDAH, SAIFATUL (2018) PENGARUH PEMBELAJARAN METODE ROLE PLAYING TERHADAP KETERAMPILAN BERBICARA SISWA KELAS VIII MTS BAITUL HIKMAH TEMPUREJO 2017/2018. Undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Jember.

[img] Text
JURNAL NEW.pdf

Download (194kB)
[img] Text
2. HALAMAN SAMPUL.pdf

Download (29kB)
[img] Text
7. HALAMAN PENGESAHAN.pdf

Download (81kB)
[img] Text
15. ABSTRAK.pdf

Download (163kB)
[img] Text
BAB I FIKS.pdf

Download (258kB)
[img] Text
BAB II FIKS.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (271kB)
[img] Text
BAB III FIKS.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (281kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (368kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (188kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (166kB)
[img] Text
1. DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (163kB)
[img] Text
2. MATRIK.pdf

Download (169kB)

Abstract

Kata Kunci : Keterampilan berbicara, metode role playing. Bahasa memiliki peran penting dalam perkembangan ilmu penetahuan dalam proses pembelajaran. Keterampilan berbicara sangat erat kaitannya dengan kegiatan berbahasa karna pada dasarnya berbicara merupakan salah satu aspek keterampilan berbahasa yang sangat produktif untuk kegiatan berkomunikasi. Masih banyak siswa yang kurang percaya diri dalam berbicara, maka dari itu peran seorang guru dalam pemilihan metode pembelajaran sangat mempengaruhi kelancaran dan rasa kepercayaan diri siswa dalam berbicara. Masalah dalam penelitian ini yaitu bagaimanakah pengaruh pembelajaran metode role playing terhadap keterampilan berbicara siswa kelas VIII MTs Baitul Hikmah Tempurejo tahun pelajaran 2017/2018. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pembelajaran metode role playing terhadap keterampilan berbicara siswa. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif yang bersifat quasi eksperimen dengan desain penelitian non equivalent control group design. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VIII MTs Baitul Hikmah Tempurejo, yang terdiri dari dua kelas yaitu kelas VIII D dan VIII E dengan jumlah keseluruhan 42. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan uji hipotesis dengan kriteria jika signifikansi <0,05 maka Ho ditolak dan jika signifikansi >0,05 maka Ho diterima. Terdapat perbedaan antara kelas eksperimen dan kelas kontrol berdasarkan analisis data, terdapat pengaruh keterampilan berbicara siswa antara kelas yang menggunakan metode role playing dengan tanpa menggunakan metode role playing. Dilihat dari nilai rata-rata pada kelas eksperimen sebesar 92,55 dengan nilai tertinggi 96 dan pada kelas kontrol memperoleh nilai rata-rata sebesar 77,60 dengan nilai tertinggi 84. Dengan demikian terdapat selisih nilai rata-rata 14,95 lebih baik kelas eksperimen dan selisih nilai tertinggi 12 antara kelas eksperimen dan kontrol. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang signifikan dalam pembelajaran metode role playing terhadap keterampilan berbicara siswa kelas VIII MTs Baitul Hikmah Tempurejo. Hal tersebut diperkuat dengan rangkuman hasil uji-t diperoleh t-hitung 12,265 dan memperoleh signifikansi 0,566 lebih kecil dari 0,05 sehingga Ha diterima dan Ho ditolak, maka dapat disimpulkan bahwa metode role playing mempengaruhi peningkatan keterampilan berbicara siswa kelas VIII dalam mata pelajaran bahasa Indonesia dibandingankan tanpa metode role palying.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 800 Literature and Rhetoric > 810 Indonesian Literatures
Divisions: Faculty of Teaching and Education Science > Department of Indonesian Literature Education (S1)
Depositing User: rahma wahyu ningsih
Date Deposited: 11 Jan 2021 03:47
Last Modified: 11 Jan 2021 03:47
URI: http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/7770

Actions (login required)

View Item View Item