PENGARUH PEMBELAJARAN METODE ROLE PLAYING TERHADAP KETERAMPILAN BERBICARA SISWA KELAS VIII MTS BAITUL HIKMAH TEMPUREJO 2017/2018



MUJAHIDAH, SAIFATUL (2018) PENGARUH PEMBELAJARAN METODE ROLE PLAYING TERHADAP KETERAMPILAN BERBICARA SISWA KELAS VIII MTS BAITUL HIKMAH TEMPUREJO 2017/2018. Undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Jember.

[thumbnail of JURNAL NEW.pdf] Text
JURNAL NEW.pdf

Download (194kB)
[thumbnail of 2. HALAMAN SAMPUL.pdf] Text
2. HALAMAN SAMPUL.pdf

Download (29kB)
[thumbnail of 7. HALAMAN PENGESAHAN.pdf] Text
7. HALAMAN PENGESAHAN.pdf

Download (81kB)
[thumbnail of 15. ABSTRAK.pdf] Text
15. ABSTRAK.pdf

Download (163kB)
[thumbnail of BAB I FIKS.pdf] Text
BAB I FIKS.pdf

Download (258kB)
[thumbnail of BAB II FIKS.pdf] Text
BAB II FIKS.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (271kB)
[thumbnail of BAB III FIKS.pdf] Text
BAB III FIKS.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (281kB)
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (368kB)
[thumbnail of BAB V.pdf] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (188kB)
[thumbnail of BAB VI.pdf] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (166kB)
[thumbnail of 1. DAFTAR RUJUKAN.pdf] Text
1. DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (163kB)
[thumbnail of 2. MATRIK.pdf] Text
2. MATRIK.pdf

Download (169kB)

Abstract

Kata Kunci : Keterampilan berbicara, metode role playing.
Bahasa memiliki peran penting dalam perkembangan ilmu penetahuan
dalam proses pembelajaran. Keterampilan berbicara sangat erat kaitannya dengan
kegiatan berbahasa karna pada dasarnya berbicara merupakan salah satu aspek
keterampilan berbahasa yang sangat produktif untuk kegiatan berkomunikasi.
Masih banyak siswa yang kurang percaya diri dalam berbicara, maka dari itu
peran seorang guru dalam pemilihan metode pembelajaran sangat mempengaruhi
kelancaran dan rasa kepercayaan diri siswa dalam berbicara.
Masalah dalam penelitian ini yaitu bagaimanakah pengaruh pembelajaran
metode role playing terhadap keterampilan berbicara siswa kelas VIII MTs Baitul
Hikmah Tempurejo tahun pelajaran 2017/2018. Tujuan penelitian ini adalah untuk
mengetahui pengaruh pembelajaran metode role playing terhadap keterampilan
berbicara siswa.
Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif yang bersifat quasi
eksperimen dengan desain penelitian non equivalent control group design.
Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VIII MTs Baitul Hikmah Tempurejo,
yang terdiri dari dua kelas yaitu kelas VIII D dan VIII E dengan jumlah
keseluruhan 42. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan uji
hipotesis dengan kriteria jika signifikansi <0,05 maka Ho ditolak dan jika
signifikansi >0,05 maka Ho diterima.
Terdapat perbedaan antara kelas eksperimen dan kelas kontrol berdasarkan
analisis data, terdapat pengaruh keterampilan berbicara siswa antara kelas yang
menggunakan metode role playing dengan tanpa menggunakan metode role
playing. Dilihat dari nilai rata-rata pada kelas eksperimen sebesar 92,55 dengan
nilai tertinggi 96 dan pada kelas kontrol memperoleh nilai rata-rata sebesar 77,60
dengan nilai tertinggi 84. Dengan demikian terdapat selisih nilai rata-rata 14,95
lebih baik kelas eksperimen dan selisih nilai tertinggi 12 antara kelas eksperimen
dan kontrol.
Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang
signifikan dalam pembelajaran metode role playing terhadap keterampilan
berbicara siswa kelas VIII MTs Baitul Hikmah Tempurejo. Hal tersebut diperkuat
dengan rangkuman hasil uji-t diperoleh t-hitung 12,265 dan memperoleh
signifikansi 0,566 lebih kecil dari 0,05 sehingga Ha diterima dan Ho ditolak,
maka dapat disimpulkan bahwa metode role playing mempengaruhi peningkatan
keterampilan berbicara siswa kelas VIII dalam mata pelajaran bahasa Indonesia
dibandingankan tanpa metode role palying.

Contribution
Nama Dosen Pembimbing
NIDN/NIDK
UNSPECIFIED
Fatkurrochman, Henri
nidn0021027301
UNSPECIFIED
Suaedi, Hasan
nidn#

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 800 Literature and Rhetoric > 810 Indonesian Literatures
Divisions: Faculty of Teaching and Education Science > Department of Indonesian Literature Education (S1)
Depositing User: rahma wahyu ningsih | ningsihrahmawahyu@gmail.com
Date Deposited: 11 Jan 2021 03:47
Last Modified: 11 Jan 2021 03:47
URI: http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/7770

Actions (login required)

View Item View Item