Analisis Metakognisi Siswa Pada Pembelajaran RME dalam Menyelesaikan Masalah Kontekstual Menggunakan Tahapan Wallas

Kartini, Devi Aprilia (2018) Analisis Metakognisi Siswa Pada Pembelajaran RME dalam Menyelesaikan Masalah Kontekstual Menggunakan Tahapan Wallas. Undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Jember.

[img] Text
artikel.pdf

Download (414kB)
[img] Text
PENDAHULUAN.pdf

Download (389kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (392kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (365kB)
[img] Text
Bab I.pdf

Download (307kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (720kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (456kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (165kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (309kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (7MB)

Abstract

Latar belakang penelitian adalah siswa di SMPN 1 Banyuglugur Kabupaten Situbondo dituntut harus mahir dan terampil dalam memecahkan masalah karena tuntutan kkm yang tinggi.Karena tuntutan itulah siswa harus memiliki kemampuan metakognisi yang bagus dalam menyelesaikan masalah khususnya masalah kontekstual. Kemampuan metakognisi siswa dalam proses pembelajaran cukup baik yaitu sebesar 80%, Sedangkan dalam proses pemecahan masalah yaitu 60%. Pada proses pemecahan masalah terdapat beberapa faktor penghambat metakognisi diantaranya: siswa kesulitan dalam mengubah soal cerita kedalam bentuk model matematika, siswa kurang memahami informasi apa saja yang terdapat dalam soal cerita, siswa mengalami kesulitan dalam menentukan strategi, dan kurangnya semangat belajar pada siswa juga menjadi faktor penghambat metakognisi. Masalah dalam penelitian ini adalah (1)bagaimana proses kemampuan metakognisi siswa yang berkemampuan matematika tinggi, sedang dan rendah dalam menyelesaikan masalah kontekstualluas permukaan kubus dan balok? Tujuan penelitian yang dirangkum peneliti adalah untuk mengetahui kemampuan metakognisi siswa berkemampuan matematika tinggi, sedang, dan rendah dalam menyelesaikan masalah kontekstual menggunakan tahapan Wallas. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Pelaksanaan penelitian yaitu pada tanggal 15 mei 2018 hingga 17 mei 2018 di kelas VIII A SMP Negeri 1 Banyuglugur. Peneliti menggunakan tiga metode pengumpulan data diantaranya, yaitu tes, catatan lapangan, dan wawancara. Instrumen yang digunakan adalah soal tes, lembar catatan lapangan, lembar pedoman wawancara. Berdasarkan hasil analisis yang diperoleh kemampuan metakognisi siswa berkemampuan matematika tinggidapat melewati semua indikator metakognisi dan tahapan Wallas dengan baik. Siswa berkemampuan matematika sedang masih kurang dalam melewati tahap-tahap indikator metakognisi dan tahapan Wallas. Masih terdapat beberapa indikator metakognisi yang tidak terpenuhi. Namun masih lebih baik dibandingan siswa berkemampuan matematika rendah karena pada soal nomor 1 semua indikator dapat terpenuhi dengan baik.Siswa berkemampuan matematika rendah tidak dapat melewati tahapan metakognisi yang ada. Hanya indikator membaca dan memahami untuk soal nomor 1. Kata Kunci: Metakognisi, RME, masalah kontekstual, tahapan Wallas

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 500 Natural Science and Mathematics
500 Natural Science and Mathematics > 510 Mathematics
Divisions: Faculty of Teaching and Education Science > Department of Mathematics Education (S1)
Depositing User: Dinda Novitasari
Date Deposited: 11 Jan 2021 04:22
Last Modified: 11 Jan 2021 04:22
URI: http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/7775

Actions (login required)

View Item View Item