PENERAPAN PENILAIAN OTENTIK KETERAMPILAN MENULIS DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI SMPN 2 GAMBIRAN
Aminurrasyid Firja, Waismar (2018) PENERAPAN PENILAIAN OTENTIK KETERAMPILAN MENULIS DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI SMPN 2 GAMBIRAN. Undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Jember.
![]() |
Text
Artikel jurnal.pdf Download (607kB) |
![]() |
Text
ABSTRAKSI.pdf Download (92kB) |
![]() |
Text
COVER.pdf Download (166kB) |
![]() |
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf Download (88kB) |
![]() |
Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (157kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (198kB) |
![]() |
Text
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (278kB) |
![]() |
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (168kB) |
![]() |
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (223kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (264kB) |
![]() |
Text
BAB VI.pdf Restricted to Repository staff only Download (95kB) |
![]() |
Text
Lampiran 1 (data guru smpn 2 gambiran).pdf Download (83kB) |
Abstract
Kata kunci: Penilaian Otentik, Keterampilan Menulis, Pembelajaran
Bahasa Indonesia.
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pelaksanaan penilaian
otentik keterampilan menulis dalam pembelajaran Bahasa Indonesia di SMPN 2
Gambiran. Deskripsi pelaksanaan penilaian otentik meliputi deskripsi pelaksanaan
penilaian otentik keterampilan menulis, teknik penilaian otentik yang digunakan,
kendala yang dialami guru dalam pelaksanaan penilaian otentik keterampilan
menulis, dan upaya yang dilakukan guru untuk mengatasi kendala pelaksanaan
penilaian otentik.
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan
deskriptif kualitatif. Sampel penelitian ini adalalah tiga guru SMPN 2
Gambiran. Data diperoleh melalui wawancara, pengamatan, dan analisis
dokumen. Data-data tersebut dianalisis dengan teknik analisis data kualitatif
melalui empat tahap, yaitu: pengumpulan data, reduksi data, penyajian data,
dan penarikan kesimpulan. Keabsahan data diperoleh melalui proses triangulasi
data.
Hasil penelitian menunjukan bahwa semua guru telah melaksanakan
penilaian otentik keterampilan menulis. Teknik penilaian yang diterapkan
beragam dan sesuai dengan acuan Kurikulum 2013. Teknik penilaian yang
digunakan yakni: penilaian sikap (pengamatan, penilaian diri, penilaian antar
peserta didik, dan jurnal), penilaian pengetahuan (tes tulis, tes lisan, dan
penugasan kelompok atau mandiri), dan penilaian keterampilan (tes praktik, tugas
proyek, dan portofolio). Hal tersebut ditunjukkan melalui data kualitatif yang
berupa fakta-fakta di lapangan. Namun dalam pelaksanaannya, guru masih
mengalami berbagai macam kendala. Kendala tersebut antara lain, peserta didik,
guru, dan keterbatasan waktu. Meskipun demikian, guru melakukan sejumlah
upaya untuk mengatasi kendala yang dialami. Para guru masih terus berusaha
melakukan penilaian otentik keterampilan menulis dengan lebih baik dan
maksimal.
ContributionNama Dosen PembimbingNIDN/NIDKUNSPECIFIEDMufaridah, Fitrotulnidn0725097602UNSPECIFIEDMilu Susetyo, Agusnidn0718088602
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 800 Literature and Rhetoric > 810 Indonesian Literatures |
Divisions: | Faculty of Teaching and Education Science > Department of Indonesian Literature Education (S1) |
Depositing User: | rahma wahyu ningsih | ningsihrahmawahyu@gmail.com |
Date Deposited: | 12 Jan 2021 03:00 |
Last Modified: | 12 Jan 2021 03:00 |
URI: | http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/7797 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |