Aminurrasyid Firja, Waismar (2018) PENERAPAN PENILAIAN OTENTIK KETERAMPILAN MENULIS DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI SMPN 2 GAMBIRAN. Undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Jember.
Text
Artikel jurnal.pdf Download (607kB) |
|
Text
ABSTRAKSI.pdf Download (92kB) |
|
Text
COVER.pdf Download (166kB) |
|
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf Download (88kB) |
|
Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (157kB) |
|
Text
BAB I.pdf Download (198kB) |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (278kB) |
|
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (168kB) |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (223kB) |
|
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (264kB) |
|
Text
BAB VI.pdf Restricted to Repository staff only Download (95kB) |
|
Text
Lampiran 1 (data guru smpn 2 gambiran).pdf Download (83kB) |
Abstract
Kata kunci: Penilaian Otentik, Keterampilan Menulis, Pembelajaran Bahasa Indonesia. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pelaksanaan penilaian otentik keterampilan menulis dalam pembelajaran Bahasa Indonesia di SMPN 2 Gambiran. Deskripsi pelaksanaan penilaian otentik meliputi deskripsi pelaksanaan penilaian otentik keterampilan menulis, teknik penilaian otentik yang digunakan, kendala yang dialami guru dalam pelaksanaan penilaian otentik keterampilan menulis, dan upaya yang dilakukan guru untuk mengatasi kendala pelaksanaan penilaian otentik. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif kualitatif. Sampel penelitian ini adalalah tiga guru SMPN 2 Gambiran. Data diperoleh melalui wawancara, pengamatan, dan analisis dokumen. Data-data tersebut dianalisis dengan teknik analisis data kualitatif melalui empat tahap, yaitu: pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Keabsahan data diperoleh melalui proses triangulasi data. Hasil penelitian menunjukan bahwa semua guru telah melaksanakan penilaian otentik keterampilan menulis. Teknik penilaian yang diterapkan beragam dan sesuai dengan acuan Kurikulum 2013. Teknik penilaian yang digunakan yakni: penilaian sikap (pengamatan, penilaian diri, penilaian antar peserta didik, dan jurnal), penilaian pengetahuan (tes tulis, tes lisan, dan penugasan kelompok atau mandiri), dan penilaian keterampilan (tes praktik, tugas proyek, dan portofolio). Hal tersebut ditunjukkan melalui data kualitatif yang berupa fakta-fakta di lapangan. Namun dalam pelaksanaannya, guru masih mengalami berbagai macam kendala. Kendala tersebut antara lain, peserta didik, guru, dan keterbatasan waktu. Meskipun demikian, guru melakukan sejumlah upaya untuk mengatasi kendala yang dialami. Para guru masih terus berusaha melakukan penilaian otentik keterampilan menulis dengan lebih baik dan maksimal.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Subjects: | 800 Literature and Rhetoric > 810 Indonesian Literatures | |||||||||
Divisions: | Faculty of Teaching and Education Science > Department of Indonesian Literature Education (S1) | |||||||||
Department: | S1 Pendidikan Bahasa Indonesia | |||||||||
Depositing User: | rahma wahyu ningsih | |||||||||
Contributors: |
|
|||||||||
Date Deposited: | 12 Jan 2021 03:00 | |||||||||
Last Modified: | 12 Jan 2021 03:00 | |||||||||
URI: | http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/7797 |
Actions (login required)
View Item |