Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika

Riyanti, Hani Ika (2018) Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika. Undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Jember.

[img] Text
Artikel.pdf

Download (268kB)
[img] Text
PENDAHULUAN.pdf

Download (308kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (320kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (213kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (442kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (165kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (166kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (5MB)

Abstract

Latar belakang masalah ini adalah siswa merasa kesulitan dalam pemecahan masalah matematika. Hal tersebut menjadi penyebab rendahnya kemampuan pemecahan masalah matematika siswa. Nilai yang kurang dari KKM mencapai 40% dengan rata-rata siswa kelas VIII adalah 60, sedangkan nilai KKM adalah 75. Oleh karena itu perlu suatu pendekatan yang bisa membuat siswa lebih mudah untuk memecahkan masalah matematika, salah satunya yaitu Problem Based Learning (PBL) adalah pembelajaran berbasis masalah (pembelajaran yang mengutamakan masalah). Masalah dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimanakah penerapan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dalam meningkatkan hasil belajar matematika pada materi bangun ruang sisi datar kelas VIII SMP Negeri 02 Tamanan Bondowoso? (2) Bagaimanakah peningkatan hasil belajar matematika setelah diterapkan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) pada materi bangun ruang sisi datar kelas VIII SMP Negeri 02 Tamanan Bondowoso? Terdapat dua tujuan penelitian yang dirangkum penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan penerapan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) terhadap peningkatan hasil belajar matematika dan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar matematika setelah diterapkan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL). Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Pelaksanaan penelitian ini yaitu pada tanggal 28 Mei 2018 hingga 04 Juni 2018 di kelas VIII.7 SMP Negeri 02 Tamanan Bondowoso. Penelitian ini menggunakan metode pengumpolan data berupa tes.instrumen dalam penelitian ini menggunakan tes uraian. Berdasarkan penelitian yang diperoleh bahwa terdapat peningkatan hasil belajar matematika siswa setelah diterapkan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL). Hal ini ditunjukkan dari hasil tes awal siswa yang menunjukkan bahwa siswa tidak ada yang tuntas (0%), pada siklus I diperoleh yaitu rata-rata 72,65 dan ketuntasan klasikalnya mencapai 80%, sedangkan pada siklus II diperoleh rata-rata 79 dan ketuntasan klasikal 85%. Kesimpulan penelitian ini adalah model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) terbukti mampu untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Kata kunci: Pembelajaran Problem Based Learning (PBL), kemampuan pemecahan masalah matematika

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 500 Natural Science and Mathematics
500 Natural Science and Mathematics > 510 Mathematics
Divisions: Faculty of Teaching and Education Science > Department of Mathematics Education (S1)
Department: S1 Pendidikan Matematika
Depositing User: Dinda Novitasari
Contributors:
ContributionContributor NameNIDN/NIDK
UNSPECIFIEDSuryaningrum, Chistine Wulandarinidn0717028302
UNSPECIFIEDImamah AH, Nurulnidn0712048506
Date Deposited: 12 Jan 2021 03:04
Last Modified: 12 Jan 2021 03:04
URI: http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/7798

Actions (login required)

View Item View Item