Pransiska, Yuli (2018) ANALISIS UNSUR INTRINSIK CERPEN SISWA KELAS VIII MTS KYAI MAS PRAJEKAN TAHUN PELAJARAN 2017/2018. Undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Jember.
Text
ARTIKEL JURNAL.pdf Download (407kB) |
|
Text
ABSTRAK INDONESIA.pdf Download (161kB) |
|
Text
COVER SKRIPSI.pdf Download (185kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (159kB) |
|
Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf Download (103kB) |
|
Text
BAB I.pdf Download (294kB) |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (278kB) |
|
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (252kB) |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (374kB) |
|
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (318kB) |
|
Text
MATRIK RENCANA PENELITIAN.pdf Download (86kB) |
Abstract
Kata Kunci: cerpen, unsur instrinsik Cerita pendek merupakan cerita yang menurut wujud fisiknya berbentuk pendek. Cerita pendek sering diungkapkan dengan cerita yang dapat dibaca dalam sekali duduk. Cerpen atau cerita pendek memiliki unsur instrinsik. Unsur instrinsik cerpen terdiri dari tema, alur, penokohan/tokoh, latar, sudut pandang, gaya bahasa dan amanat. Masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana unsur instrinsik cerpen siswa kelas VIII MTs Kyai Mas Prajekan tahun pelajaran 2017/2018. Tujuan Penelitian mendeskripsikan unsur instrinsik pada karangan cerpen siswa kelas VIII. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif, pendekatan yang digunakan pada penelitian ini yaitu pendekatan objektif. Sasaran pada penelitian ini adalah siswa-siswi kelas VIII Mts Kyai Mas Prajekan. Tempat penelitian di Mts Kyai Mas Prajekan, pada tanggal 29 Maret 2018. Teknik dan instrumen pengumpulan data berupa pedoman dan pengamatan atau penugasan berupa tes tulis. Data dalam penelitian dianalisis dengan metode analisis deskriptif kualitatif yaitu penelitian yang menghasilkan data deskriptif berupa kata-kata tertulis atau lisan dari orang-orang dan perilaku yang diamati. Berdasarkan analisis data, tema cerpen yang digunakan siswa dalam membuat cerpen adalah tema pendidikan. Dari 16 cerpen siswa telah ditemukan beberapa tema yaitu ,tema semangat, khayalan, dan tidak disiplin. Sedangkan penokohannya adalah dalam 16 cerpen yang di buat oleh siswa perwatakan tokoh yang digunakan yaitu protagonis dan antagonis, tidak ditemukan tokoh tritagonis dalam setiap cerpen siswa tersebut. Alur yang digunakan dalam karangan siswa dari 16 cerpen tersebut terdapat alur maju dan alur mundur. Latar yang terdapat dari 16 dalam cerpen karangan siswa yaitu terdapat latar tempat, waktu dan suasana. Berdasarkan hasil tersebut, seluruh cerpen karangan siswa telah memenuhi kriteria karena di dalamnya terdapat unsur instrinsik yang membangun cerita tersebut.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Subjects: | 800 Literature and Rhetoric > 810 Indonesian Literatures | |||||||||
Divisions: | Faculty of Teaching and Education Science > Department of Indonesian Literature Education (S1) | |||||||||
Department: | S1 Pendidikan Bahasa Indonesia | |||||||||
Depositing User: | rahma wahyu ningsih | |||||||||
Contributors: |
|
|||||||||
Date Deposited: | 12 Jan 2021 03:28 | |||||||||
Last Modified: | 12 Jan 2021 03:28 | |||||||||
URI: | http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/7803 |
Actions (login required)
View Item |