Perbandingan Model Pembelajaran Kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT) dengan Tipe Two Stay Two Stray (TSTS) Terhadap Aktivitas dan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIII MTs Al – Badri Kalisat Jember Tahun Pelajaran 2017/2018



Bahiyah, Luluk Faridatul (2018) Perbandingan Model Pembelajaran Kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT) dengan Tipe Two Stay Two Stray (TSTS) Terhadap Aktivitas dan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIII MTs Al – Badri Kalisat Jember Tahun Pelajaran 2017/2018. Undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Jember.

[thumbnail of ARTIKEL.pdf] Text
ARTIKEL.pdf

Download (481kB)
[thumbnail of PENDAHULUAN .pdf] Text
PENDAHULUAN .pdf

Download (601kB)
[thumbnail of ABSTRAK.pdf] Text
ABSTRAK.pdf

Download (433kB)
[thumbnail of BAB I .pdf] Text
BAB I .pdf

Download (478kB)
[thumbnail of BAB II .pdf] Text
BAB II .pdf
Restricted to Repository staff only

Download (529kB)
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (871kB)
[thumbnail of BAB IV .pdf] Text
BAB IV .pdf
Restricted to Repository staff only

Download (667kB)
[thumbnail of BAB V.pdf] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (592kB)
[thumbnail of BAB VI.pdf] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (336kB)
[thumbnail of LAMPIRAN.pdf] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (5MB)

Abstract

Latar belakang penelitian ini didasari oleh anggapan siswa bahwa matematika itu sulit dan membosankan sehingga sebelum waktu pelajaran matematika siswa sudah tidak bersemangat untuk belajar matematika. Hal ini mengakibatkan hasil belajar siswa menurun dan menyebabkan siswa pasif dalam Kegiatan Belajar Mengajar (KBM). Pembelajaran yang berlangsung di MTs Al – Badri Kalisat Jember cenderung berpusat pada guru sehingga hanya terjadi interaksi satu arah yaitu dari guru ke peserta didik dan tidak ada timbal balik dari peserta didik ke guru.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan dan perbandingan antara siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT) dengan siswa yang diajar menggunakan tipe Two Stay Two Stray (TSTS) terhadap aktivitas dan hasil belajar matematika siswa.
Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian eksperimen. Penelitian ini dilakukan di MTs Al-Badri Kalisat Jember pada tanggal 08 – 28 mei 2018. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VIII MTs Al-Badri Kalisat Jember dan sampel penelitian ini yaitu siswa kelas VIII C dan VIII D.
Hasil pengujian tes untuk data pretest kelas eksperimen dan kontrol, diperoleh bahwa (Zhitung = –0,263) < (Ztabel = 1,96) maka Ho diterima. Berdasarkan hasil pengamatan saat proses belajar mengajar berlangsung dapat diketahui bahwa rata – rata aktivitas belajar siswa kelas eksperimen pertemuan pertama yaitu 77,083% dan pertemuan kedua yaitu 78,333%, sedangkan kelas kontrol rata – rata aktivitas siswa pada pertemuan pertama yaitu 68,678% dan pertemuan kedua yaitu 70,689%. Sedangkan untuk hasil pengujian pada hasil posttest kelas eksperimen dan kontrol, diperoleh nilai (thitung = 2,248) > (ttabel = 2,0117) dan nilai signifikan < yaitu 0,029 < 0,05 yang artinya H0 ditolak.
Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan antara siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT) dengan tipe Two Stay Two Stray (TSTS) terhadap aktivitas dan hasil belajar matematika siswa, serta aktivitas dan hasil belajar matematika siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Two Stay Two Stray (TSTS) lebih baik dari pada siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT).
Kata Kunci: Model Pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT), Model Pembelajaran kooperatif tipe Two Stay Two Stray (TSTS), aktivitas belajar, hasil belajar.

Contribution
Nama Dosen Pembimbing
NIDN/NIDK
UNSPECIFIED
Jatmikowati, Tri Endang
nidn0029125901
UNSPECIFIED
Galatea, Chusnul Khotimah
nidn0729018802

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 500 Natural Science and Mathematics
500 Natural Science and Mathematics > 510 Mathematics
Divisions: Faculty of Teaching and Education Science > Department of Mathematics Education (S1)
Depositing User: Dinda Novitasari | dindanovitasari1710@gmail.com
Date Deposited: 14 Jan 2021 02:15
Last Modified: 14 Jan 2021 02:15
URI: http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/7831

Actions (login required)

View Item View Item