Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Berbasis E-Learning Menggunakan Edmodo dan Adobe Flash Pada Mata Kuliah Geometri Pokok Bahasan Segitiga Kongruen

Rizki, Muhammad Nur (2018) Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Berbasis E-Learning Menggunakan Edmodo dan Adobe Flash Pada Mata Kuliah Geometri Pokok Bahasan Segitiga Kongruen. Undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Jember.

[img] Text
PENDAHULUAN.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ARTIKEL E-LEARNING.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK E-LEARNING.pdf

Download (94kB)
[img] Text
1. BAB I E-LEARNING.pdf

Download (228kB)
[img] Text
2. BAB II E-LEARNING.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (609kB)
[img] Text
3. BAB III E-LEARNING.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (516kB)
[img] Text
4. BAB IV E-LEARNING.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
5. BAB V E-LEARNING.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (147kB)
[img] Text
6. DAFTAR RUJUKAN E-LEARNING.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (385kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (12MB)

Abstract

Kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi informasi semakin berkembang dengan pesat, salah satunya dalam bidang pendidikan khususnya pada mata pelajaran matematika. Konsep pembelajaran dalam matematika bersifat hierarkis sehingga ketidakpahaman terhadap suatu konsep akan mengakibatkan kesulitan dalam memahami konsep selanjutnya. Geometri merupakan cabang dalam matematika yang sangat lemah diserap oleh peserta didik sehingga dianggap paling sulit untuk dipahami. Salah satu kelemahan penguasaan materi geometri yaitu sukar dalam memahami konsep kekongruenan, sehingga peserta didik mengalami kesulitan dalam membuktikan beberapa sifat dan prinsip yang ada pada segitiga kongruen. Oleh karena itu, dalam pembelajaran matematika sangat dibutuhkan bantuan media agar materi yang dijelaskan lebih mudah diserap dan dipahami. Contoh media pembelajaran matematika yang memanfaatkan teknologi komputer dan internet dalam proses pembelajaran adalah Edmodo dan Adobe Flash. Edmodo merupakan sebuah sistem E-Learning bersifat social network microblogging yang dapat menunjang pembelajaran jarak jauh (distance learning) yang memungkinkan tersampaikannya materi pembelajaran terhadap peserta didik dengan menggunakan media internet, sehingga proses pembelajaran menjadi lebih efisien karena tak terbatas ruang, waktu dan jarak. Sementara Adobe Flash merupakan software komputer yang berfungsi untuk membuat animasi interaktif, sehingga dapat memudahkan peserta didik dalam memahami konsep yang dipelajarinya baik secara terbimbing didalam kelas maupun secara mandiri diluar kelas. Berdasarkan uraian tersebut, maka dipandang perlu untuk mengembangkan sebuah media pembelajaran matematika berbasis E-Learning menggunakan Edmodo dan Adobe Flash pada mata kuliah geometri pokok bahasan segitiga kongruen. Produk hasil pengembangan dinilai dengan penilaian angket dan tes hasil belajar yang diujikan kepada 2 ahli, yaitu ahli materi dan ahli media serta 10 mahasiswa untuk mengetahui kualitas media dari segi validitas, kepraktisan, dan keefektifan media pembelajaran. Hasil analisis dari penilaian angket ahli materi memperoleh skor rata-rata 4,43 dan hasil angket ahli media dengan skor rata-rata 4,47 sudah dapat dikategorikan valid. Media ini juga dikatakan praktis karena validator menyatakan media ini valid dan mendapatkan respon positif dari peserta didik dengan persentase skor 93,2%. Selain valid dan praktis, media ini juga dikatakan efektif berdasarkan tes hasil belajar yang menunjukkan 80% peserta didik dinyatakan tuntas dengan kategori baik. Berdasarkan ketiga kriteria tersebut, media pembelajaran ini dikategorikan sebagai media yang berkualitas baik karena telah memenuhi 3 aspek kualitas yaitu valid menurut para ahli, praktis dan efektif. Kata Kunci: Pengembangan, Media Pembelajaran Matematika, E-Learning, Edmodo, Adobe Flash, Geometri, Segitiga Kongruen.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 500 Natural Science and Mathematics
500 Natural Science and Mathematics > 510 Mathematics
Divisions: Faculty of Teaching and Education Science > Department of Mathematics Education (S1)
Depositing User: Dinda Novitasari
Date Deposited: 14 Jan 2021 02:54
Last Modified: 14 Jan 2021 02:54
URI: http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/7834

Actions (login required)

View Item View Item