PERAN TINGKAT PENDIDIKAN ORANG TUA TERHADAP KEMANDIRIAN ANAK USIA 4-6 TAHUN DI KECAMATAN TANGGUL KABUPATEN JEMBER TAHUN PELAJARAN 2018/2019

Puspitasari, Nita (2018) PERAN TINGKAT PENDIDIKAN ORANG TUA TERHADAP KEMANDIRIAN ANAK USIA 4-6 TAHUN DI KECAMATAN TANGGUL KABUPATEN JEMBER TAHUN PELAJARAN 2018/2019. Undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Jember.

[img] Text
PDF.pdf

Download (333kB)
[img] Text
Kata Kunci Tingkat Pendidikan, Orang tua, Kemandirian.pdf

Download (257kB)
[img] Text
1. Cover skripsi.pdf

Download (326kB)
[img] Text
2. Lembar pengesahan.pdf

Download (259kB)
[img] Text
6. Daftar Rujukan.pdf

Download (372kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (394kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (439kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (435kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (658kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (283kB)
[img] Text
Lampiran 1.pdf

Download (265kB)

Abstract

Kata Kunci: Tingkat Pendidikan, Orang tua, Kemandirian Kecamatan Tanggul merupakan kecamatan yang masih tergolong daerah pinggiran yang berada di Kota Jember, JawaTimur. Kecamatan Tanggul mempunyai 8 desa yang tersebar di seluruh kawasan Tanggul. Walaupun Kecamatan Tanggul masih tergolong Kecamatan yang terbilang kecil namun sangat padat dengan pemukiman penduduk. Anak-anak yang bersekolah di Taman Kanak-kanak di Kecamatan Tanggul terdapat 1593 anak dengan tingkat pendidikan orang tua yang beragam. Tingkat pendidikan orang tua di Kecamatan Tanggul Kabupaten Jember sangat beragam, dari lulus SD hingga lulus S2. Masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana peran tingkat pendidikan orang tua pada kemandirian anak usia 4-6 tahun di Kecamatan Tanggul Kabupaten Jember tahun pelajaran 2018/2019. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran tiingkat pendidikan orang tua terhadap kemandirian anak usia 4-6 tahun di Kecamatan Tanggul. Jenis penelitian yang dilakukan adalah deskripstif kuantitatif. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket atau kuesioner. Analisis data dengan menfrekuensikan indikator dalam kemandirian dalam bentuk tabel serta dijelaskan secara deskriptif. Hasil penelitian yang diperoleh terdapat 100 orang tua yang di ambil secara random dari 8 desa yang berada di Kecamatan Tanggul Kabupaten Jember terdapat 25 responden berpendidikan rendah yaitu lulus SD dan lulus SMP, 45 responden berpendidikan sedang yaitu lulus SMA dan D3 dan 30 responden berpendidikan tinggi yaitu lulus S1 dan S2. Pada penanaman kemandirian anak usia 4-6 orang tua berpendidikan rendah lebih baik dari orang tua berpendidikan tinggi sebab orang tua berpendidikan rendah cara menanamkan kemandirian anak sejak dini dan terulang-ulang sedangkan orang tua yang berpendidikan tinggi hanya mengajarkan untuk pembiasaan kemandirian anak di serahkan kepada pengasuh yang berada dirumah karena orang tua sibuk dengan pekerjaan sehingga tidak sempat untuk memperhatikan kemandirian pada anak. Jadi hasil penelitian yang di dapat pendidikan orang tua yang tinggi tidak selalu membiasakan anak untuk mandiri dikarenakan kurangnya waktu untuk bersama dengan anak.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 300 Social Science > 370 Education > 371 Educational Institutions, Schools and Their Activities
Divisions: Faculty of Teaching and Education Science > Department of Early Childhood Education (S1)
Department: S1 Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: rahma wahyu ningsih
Contributors:
ContributionContributor NameNIDN/NIDK
UNSPECIFIEDLaksmi Wardhani, Wahju Dyahnidn#
UNSPECIFIEDKusumaningtyas, Nuraininidn0721108101
Date Deposited: 15 Jan 2021 02:41
Last Modified: 15 Jan 2021 02:41
URI: http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/7864

Actions (login required)

View Item View Item