Imandiyani, Weni (2018) Analisis Pemecahan Masalah Open Ended Berdasarkan HOTS (Higher Order Thinking Skill). Undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Jember.
Text
artikel.pdf Download (218kB) |
|
Text
pendahuluan.pdf Download (535kB) |
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (335kB) |
|
Text
BAB I.pdf Download (252kB) |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (283kB) |
|
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (398kB) |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (907kB) |
|
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (240kB) |
|
Text
BAB VI.pdf Restricted to Repository staff only Download (225kB) |
|
Text
LAMPIRAN.pdf Download (3MB) |
Abstract
Kemampuan siswa dalam memecahkan masalah sangat berbeda.Open ended diharapkan menjadi solusi untuk memudahkan siswa. Pemecahan masalah open ended sangat dipengaruhi oleh kemampuan berpikir siswa. HOTS (Higher Order Thinking Skill)atau kemampuan berpikir tingkat tinggi merupakan kemampuan siswa dalam menganalisis, mengevaluasi dan mencipta dalam memecahkan masalah. Berdasarkan fakta tersebut peneliti bermaksud melakukan penelitian Analisis Pemecahan Masalah Open ended Berdasarkan HOTS. Masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana pemecahan masalah open ended siswa berdasarkan HOTS. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mendeskripsikan bagaimana pemecahan masalah open endedsiswa berdasarkanHigh Order Thinking Skills (HOTS). Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif dengan jenis analisis.Pelaksanaan penelitian yaitu 20 Mei 2018 hingga 09 juni 2018 dikelas XI IPA 3 SMA Muhammadiyah 3 Jember. Peneliti menggunakan tiga teknik pengumpulan data diantaranya yaitu tes open ended berdasarkan HOTS, wawancara, dan dokumentasi. Instrument yang digunakan adalah lembar wawancara dan soal tes. Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh dari hasil triangulasi, subjek 1 dengan pemecahan masalah open ended sesuai HOTS (SH) dalam memecahkan masalah open endedmampu melewati ketiga indikator HOTS dengan baik. Subjek 2 dengan pemecahan masalah open ended tidak sesuai HOTS (STH1) dalam memecahkan masalah open endedhanya mampu memenuhi dua indikator HOTS. STH1 tidak dapat menemukan solusi baru sehingga indikator mencipta tidak terpenuhi. Subjek 3 dengan pemecahan masalah open ended tidak sesuai HOTS(STH2) dalam memecahkan masalah open ended hanya mampu memenuhi satu indikator. Kesimpulan dari penelitian ini adalah dari ketiga subjek penelitian hanya satu siswa yang dapat memenuhi ketiga indikator dalam HOTS. Subjek 2 hanya mampu memenuhi dua indikator sehingga dikatakan siswa tidak HOTS sedangkan subjek 3 hanya mampu memenuhi satu indikator dalam HOTS sehingga dapat dikatakan subjek 3 bukanlah siswa HOTS melainkan siswa berkemampuan rendah Kata Kunci: Pemecahan Masalah, Open ended, HOTS (Higher Order Thinking Skill)
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Subjects: | 500 Natural Science and Mathematics 500 Natural Science and Mathematics > 510 Mathematics |
|||||||||
Divisions: | Faculty of Teaching and Education Science > Department of Mathematics Education (S1) | |||||||||
Department: | S1 Pendidikan Matematika | |||||||||
Depositing User: | Dinda Novitasari | |||||||||
Contributors: |
|
|||||||||
Date Deposited: | 15 Jan 2021 03:38 | |||||||||
Last Modified: | 15 Jan 2021 03:38 | |||||||||
URI: | http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/7877 |
Actions (login required)
View Item |