Pengukuran Kualitas Usability Pada Perspektif Pengguna Aplikasi Ujian Surat Izin Mengemudi

dwi ratna sari, mega (2021) Pengukuran Kualitas Usability Pada Perspektif Pengguna Aplikasi Ujian Surat Izin Mengemudi. Undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Jember.

[img] Text
a. PENDAHULUAN.pdf

Download (1MB)
[img] Text
b. ABSTRAK.pdf

Download (483kB)
[img] Text
c. BAB I.pdf

Download (115kB)
[img] Text
d. BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (409kB) | Request a copy
[img] Text
e. BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (405kB) | Request a copy
[img] Text
f. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (512kB) | Request a copy
[img] Text
g. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (107kB) | Request a copy
[img] Text
h. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (108kB)
[img] Text
i. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (725kB) | Request a copy
[img] Text
j. JURNAL.pdf

Download (508kB)

Abstract

SIM (Surat Izin Mengemudi) merupakan salah satu syarat berkendara yang harus dimiliki oleh setiap pengendara bermotor sebagai bukti registrasi dan identifikasi data bahwa pengendara bermotor itu layak mengemudikan kendaraannya. Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya jumlah peserta pemohon SIM baru, dan yang menyebabkan rendahnya jumlah peserta pemohon SIM baru adalah keterbatasan pengetahuan dan keterampilan dalam menggunakan aplikasi ujian teori SIM. maka dari itu, dibutuhkan pengukuran kualitas usability pada perspektif pengguna aplikasi ujian surat izin mengemudi dengan tujuan mengetahui berapa bobot terendah dari sub atribut usability dimana sub atribut tersebut terdiri dari Learnability, Satisfaction, Effectiveness, dan Errors. Untuk mengetahui bobot terendah dari sub atribut usability yaitu menggunakan metode AHP (Analytical Hierarchical Process). Metode AHP (Analytical Hierarchical Process) digunakan untuk menentukan bobot kriteria. Dalam penelitian ini diketahui faktor kualitas dari usability nilai faktor terpenting yaitu pada satisfaction, effectiveness, dan errors dengan nilai bobot yang sama pentingnya. nilai bobot terendah yaitu learnability dengan nilai bobot yaitu 0,14 yang artinya tingkat pemahaman pengguna saat menggunakan sistem kurang terpenuhi. Kata Kunci : usability, learnability, satisfaction, effectiveness, Analytical Hirachical Process (AHP)

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 600 Technology and Applied Science > 601 Philosophy and Theory of Technology
Divisions: Faculty of Engineering > Department of Informatics Engineering (S1)
Department: S1 Teknik Informatika
Depositing User: Sari Mega Dwi Ratna
Contributors:
ContributionContributor NameNIDN/NIDK
Thesis advisorsuharso, wiwiknidn0006097601
Contact Email Address: megadwi75@gmail.com
Date Deposited: 23 Feb 2021 06:20
Last Modified: 23 Feb 2021 06:24
URI: http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/8522

Actions (login required)

View Item View Item