Intan Suhartriyadi, Nabillatul (2021) Pengembangan Tes Online Menggunakan Aplikasi Hot Potatoes Pada Pokok Bahasan Aljabar. Undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Jember.
Text
a. PENDAHULUAN.pdf Download (274kB) |
|
Text
b. ABSTRAK.pdf Download (113kB) |
|
Text
c. BAB I.pdf Download (198kB) |
|
Text
d. BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (491kB) | Request a copy |
|
Text
e. BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (415kB) | Request a copy |
|
Text
f. BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (613kB) | Request a copy |
|
Text
g. BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (122kB) | Request a copy |
|
Text
h. BAB VI.pdf Restricted to Repository staff only Download (214kB) | Request a copy |
|
Text
i. DAFTAR RUJUKAN.pdf Download (186kB) |
|
Text
j. LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) | Request a copy |
|
Text
k. ARTIKEL.pdf Download (522kB) |
Abstract
ABSTRAK Intan, Nabillatul. 2021. Pengembangan Tes Online Menggunakan Aplikasi Hot Potatoes Pada Pokok Bahasan Aljabar. Skripsi, Program Studi Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Jember. Pembimbing (1) Rohmad Wahid Rhomdani, M.Si. (2) Yoga Dwi Windy Kusuma Ningtyas, M.Sc. Kata Kunci : tes online, aplikasi hot potatoes, materi aljabar. Latar belakang penelitian dan pengembangan ini adalah adanya kelengkapan fasilitas sekolah yang tidak dimanfaatkan ditambah dengan adanya wabah COVID-19. Masalah yang didapatkan dalam penelitian dan pengembangan ini adalah kurang dimanfaatkannya fasilitas sekolah dan berkurangnya semangat belajar siswa saat wabah COVID-19 sehingga harus diciptakan pembelajaran baru untuk peserta didik. Tujuan dalam penelitian dan pengembangan ini adalah mengetahui proses pengembangan dan kelayakan produk tes online menggunakan aplikasi hot potatoes pada pokok bahasan aljabar. Jenis penelitian dan pengembangan yang digunakan adalah R&D (Research and Development), dengan desain pengembangan yang digunakan adalah 4D (Define, Design, Develop, Disseminate) yang diungkapkan oleh Thiagarajan, Semmel, dan Semmel. Pelaksanaan uji coba produk, yaitu pada tanggal 06 Januari 2021. Peneliti menggunakan empat metode pengumpulan data, yaitu observasi, tes dan angket. Kemudian, instrumen yang digunakan adalah soal tes, angket respon peserta didik, dan angket respon ahli (validasi ahli). Berdasarkan hasil uji coba, didapatkan bahwa 80% peserta didik menyatakan tes online dapat meningkatkan semangat peserta didik dalam berlatih soal sistem persamaan linier satu variabel, 90% peserta didik menyatakan bahwa soal tes yang disajikan menarik dan 81,6% peserta didik menyatakan bahwa tes online mudah di akses. Kesimpulan penelitian dan pengembangan ini adalah tes online dapat dijadikan media pembelajaran yang tepat untuk meningkatkan semangat siswa dalam berlatih soal matematika.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Uncontrolled Keywords: | tes online, aplikasi hot potatoes, materi aljabar | |||||||||
Subjects: | 500 Natural Science and Mathematics > 510 Mathematics > 512 Algebra | |||||||||
Divisions: | Faculty of Teaching and Education Science > Department of Mathematics Education (S1) | |||||||||
Department: | S1 Pendidikan Matematika | |||||||||
Depositing User: | Suhartriyadi Nabillatul Intan | |||||||||
Contributors: |
|
|||||||||
Contact Email Address: | nabillaintan720@gmail.com | |||||||||
Date Deposited: | 01 Mar 2021 08:13 | |||||||||
Last Modified: | 02 Mar 2021 00:59 | |||||||||
URI: | http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/8642 |
Actions (login required)
View Item |