Al Khoiria, Faiza (2017) Menuntaskan Hasil Belajar Biologi Siswa Dengan Pembelajaran Aktif Tipe Information Search Menggunakan Media Internet (Siswa Kelas VII-B SMP Islam Nurul Ulum Mumbulsari pada Pokok Bahasan Keanekaragaman Hayati). Undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Jember.
Text
ARTIKEL JURNAL faiza.pdf Download (345kB) |
|
Text
2. PENDAHULUAN.pdf Download (433kB) |
|
Text
BAB I.pdf Download (225kB) |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (364kB) |
|
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (501kB) |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (528kB) |
|
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (189kB) |
|
Text
BAB VI.pdf Restricted to Repository staff only Download (89kB) |
|
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (410kB) |
|
Text
LAMPIRAN .pdf Download (84kB) |
Abstract
Kenyataan yang dapat dilihat dilapangan di kelas VII-B SMP Islam Nurul Ulum Mumbulsari menunjukkan bahwa Pemahaman pembelajaran aktif type information search siswa masih tergolong rendah. Pembelajaran yang didominasi guru (Teacher Centered) dan strategi pembelajaran yang tidak bervariasi menyebabkan siswa cenderung pasif dan kurang antusias dalam proses pembelajaran. Hal tersebut dapat menyebabkan proses berpikir siswa kurang berkembang dengan baik dan masih belum mencapai ketuntasan klasikal yaitu 70%. Salah satu untuk mengatasi masalah tersebut dengan penerapan pembelajaran aktif type information search Menggunakan Media Internet untuk menuntaskan hasil belajar siswa (Siswa Kelas VII-B SMP Islam Nurul Mumbulsari pada Pokok Bahasan Keanekaragaman Hayati). Penelitian ini bertujuan untuk Menuntaskan Hasil Belajar Biologi Siswa dengan model pembelajaran type aktif information search (Siswa Kelas VII-B SMP Islam Nurul Ulum Mumbulsari pada Pokok Bahasan Keanekaragaman Hayati). Penelitian ini dilaksanakan di SMP Islam Nurul Ulum Mumbulsari di kelas VII-B yang dilaksanakan pada tanggal 27 April sampai 20 Mei 2017. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan dalam 2 siklus dan setiap siklus terdiri dari 4 tahap: (1) Perencanaan, (2) Pelaksanaan, (3) Observasi, (4) Refleksi. Metode Pengumpulan data didapat melalui wawancara, observasi, dokumentasi, tes. Berdasarkan Hasil penelitian menunjukkan bahwa Pemahaman Konsep pada siklus I ketuntasan klasikal mencapai 36% dan pada siklus II mencapai 88% mengalami peningkatan sebesar 53%. Kreativitas siswa siklus I mencapai 59% dengan kategori “cukup ”. Pada siklus II dilakukan perbaikan pada kriteria penilaian yang belum tuntas, siklus II meningkat mencapai 77% dengan kategori “sedang”. Dari hasil ini dapat disimpulkan bahwa menuntaskan hasil belajar biologi siswa dengan pembelajaran aktif type informatin search dapat menuntaskan pemahaman konsep siswa kelas VII-B SMP Islam Nurul Ulum Mumbulsari pada pokok bahasan Keanekaragaman Hayati.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pembelajaran aktif type information search Menggunakan media internet | |||||||||
Subjects: | 500 Natural Science and Mathematics 500 Natural Science and Mathematics > 570 Biology |
|||||||||
Divisions: | Faculty of Teaching and Education Science > Department of Biology Education (S1) | |||||||||
Department: | S1 Pendidikan Biologi | |||||||||
Depositing User: | Dinda Novitasari | |||||||||
Contributors: |
|
|||||||||
Date Deposited: | 08 Mar 2021 08:14 | |||||||||
Last Modified: | 08 Mar 2021 08:14 | |||||||||
URI: | http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/8778 |
Actions (login required)
View Item |