Hubungan Persepsi Masyarakat dalam Sosialisasi BPJS dengan Kepesertaan BPJS di Dusun Krajan 01 Desa Kasiyan Wilayah Kerja Puskesmas Kasiyan Kabupaten Jember

Karimah, Fauziatul (2016) Hubungan Persepsi Masyarakat dalam Sosialisasi BPJS dengan Kepesertaan BPJS di Dusun Krajan 01 Desa Kasiyan Wilayah Kerja Puskesmas Kasiyan Kabupaten Jember. Journal of Undergraduate Thesis, Universitas Muhammadiyah jember.

[img]
Preview
Text
Jurnal PDF.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Badan Penyelenggara Jaminan Sosial atau BPJS merupakan lembaga yang dibentuk untuk menyelenggarakan program jaminan sosial di Indonesia. Setiap warga negara Indonesia dan warga asing yang sudah berdiam di Indonesia selama minimal enam bulan wajib menjadi anggota BPJS. Desain penelitian ini adalah cross sectional yang bertujuan untuk mengungkapkan hubungan persepsi masyarakat dalam sosialisasi BPJS dengan kepesertaan BPJS di Dusun Krajan 01 Desa kasiyan Wilayah Kerja Puskesmas Kasiyan. Populasi penelitian ini adalah seluruh KK yang berada di RW 27/ RT 02, sampel yang diambil 47 responden yang diperoleh dengan tehnik pengambilan sampel menggunakan multistage sampling, Hasil analisis data menunjukkan bahwa 42,55% responden mempersepsikan bahwa sosialisasi tentang BPJS dalam kategori cukup. Hasil uji statistik bahwa terdapat hubungan antara persepsi masyarakat dalam sosialisasi BPJS dengan kepesertaan BPJS di Dusun Krajan 01 Desa Kasiyan. Penelitian dengan uji analisis chi-square diperoleh hasil P value = 0,000 yang dimana P value ≤  (0,05) sehingga H1 diterima yang artinya terdapat hubungan antara persepsi masyarakat dengan kepesertaan BPJS di Dusun Krajan 01 Desa Kasiyan Wilayah Kerja Puskesmas Kasiyan. Mayoritas masyarakat Kasiyan banyak yang belum memahami tentang pentingnya BPJS karena kurangnya informasi yang didapat oleh masyarakat Kasiyan sehingga tingkat kepesertaan BPJS di Desa Kasiyan ini sangat kurang. Penelitian ini direkomendasikan kepada petugas BPJS untuk mensosialisasikan tentang BPJS yang diadakan di Desa Kasiyan sehingga tingkat kepesertaan BPJS di Desa kasiyan dapat meningkat.

Item Type: Article
Additional Information: Fauziatul Karimah (1211011018)
Uncontrolled Keywords: Persepsi, BPJS, Kepesertaan BPJS
Subjects: 300 Social Science > 360 Social Problems and Services > 368 Insurance
Divisions: Faculty of Health > Department of Nursing Science (S1 - Undergraduate Thesis)
Depositing User: Hendri Uut Fahrullah
Date Deposited: 01 Nov 2018 01:30
Last Modified: 01 Nov 2018 01:30
URI: http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/904

Actions (login required)

View Item View Item