Implementasi Fungsi Pengorganisasian Puskesmas yang Berorientasi pada Standar Akreditasi Puskesmas di Puskesmas Maesan Kabupaten Bondowoso

Ibad, Irsyadul (2016) Implementasi Fungsi Pengorganisasian Puskesmas yang Berorientasi pada Standar Akreditasi Puskesmas di Puskesmas Maesan Kabupaten Bondowoso. Journal of Undergraduate Thesis, Universitas Muhammadiyah jember.

[img]
Preview
Text
ARTIKEL.pdf

Download (245kB) | Preview

Abstract

Organisasi pelayanan kesehatan di Indonesia salah satunya adalah Puskesmas. Puskesmas dalam menyelenggarakan organisasinya menggunakan manajemen sebagai alat penggeraknya. Dalam manajemen, fungsi pengorganisasian menjadi penting peranannya. Akreditasi adalah cara agar manajemen pengorganisasian sesuai dengan standar yang ada dan berjalan dengan baik. Penelitian ini menggunakan desain Deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Tujuannya adalah mengetahui sejauh mana akreditasi Puskesmas dijalankan dalam fungsi pengorganisasian Puskesmas. Subyek penelitiannya adalah Puskesmas Maesan Kabupaten Bondowoso. Hasil penelitian yang dianalisis menggunakan standar akreditasi, didapatkan hasil skor sebesar 145 dari nilai total sebesar 170 sama dengan 85% yang artinya fungsi pengorganisasian Puskesmas sudah dijalankan oleh Puskesmas Maesan. Rekomendasi penelitian ini, yaitu perbaikan pada bidang pengorganisasian terkhusus untuk dokumen yang tertata rapi penyimpanannya, dapat diterapkan di Puskesmas.

Item Type: Article
Additional Information: Irsyadul Ibad (1211011049)
Uncontrolled Keywords: Fungsi Pengorganisasian; Puskesmas; Akreditasi
Subjects: 600 Technology and Applied Science > 610 Medicine and Health
Divisions: Faculty of Health > Department of Nursing Science
Depositing User: Hendri Uut Fahrullah
Date Deposited: 05 Nov 2018 02:02
Last Modified: 05 Nov 2018 02:02
URI: http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/922

Actions (login required)

View Item View Item