Hubungan Antara Dukungan Keluarga dengan Keaktifan Lansia (Lanjut Usia) Mengikuti Pos Pembinaan Terpadu Penyakit Tidak Menular (Posbindu PTM) di Desa Jelbuk Kecamatan Jelbuk Kabupaten Jember

Syafii, Muh Rosid (2016) Hubungan Antara Dukungan Keluarga dengan Keaktifan Lansia (Lanjut Usia) Mengikuti Pos Pembinaan Terpadu Penyakit Tidak Menular (Posbindu PTM) di Desa Jelbuk Kecamatan Jelbuk Kabupaten Jember. UNSPECIFIED thesis, UNSPECIFIED.

[img]
Preview
Text
Pendahuluan.pdf

Download (111kB) | Preview

Abstract

Dukungan keluarga sangat berperan dalam mendorong minat atau kesediaan lansia untuk mengikuti kegiatan posbindu PTM. Jumlah lansia pada saat ini di Desa Jelbuk berjumlah 1455. Sampai sekarang ini tercatat 60 lansia yang mengikuti posbindu PTM di Desa Jelbuk. Kegiatan posbindu PTM dimulai pada bulan Mei 2015 sampai bulan Februari 2016 dan kehadiran lansia mengalami penurunan setiap bulannya. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hubungan dukungan keluarga dengan keaktifan lansia mengikuti Posbindu PTM di Desa Jelbuk Kecamatan Jelbuk Kabupaten Jember. Penelitian ini menggunakan desain korelasi dengan pendekatan cross sectional. Populasi penelitian adalah lansia umur ≥ 45 tahun yang terdaftar di Posbindu PTM di Desa Jelbuk Kecamatan Jelbuk dan bertempat tinggal bersama keluarga sebanyak 60 responden. Teknik pengambilan sampel penelitian ini menggunakan total sampling. Hasil analisis univariat menunjukan bahwa sebagaian besar dukungan keluarga yang baik sebanyak 28 responden (46,7%), sedangkan dukungan keluarga yang kurang sebanayak 14 responden 23,3%). Keaktifan lansia mengikuti posbindu PTM sebagian besar tergolong aktif sebanyak 36 responden (60%), sedangakan lansia yang tidak aktif sebanyak 24 responden (40%). Hasil analisis bivariat dengan Spearman rs didapatkan hasil pada α=0,05 diperoleh p value = 0,000 dan correlation coefficient 0.748, yang artinya ada hubungan yang kuat antara dukungan keluarga dengan keaktifan lansia (lanjut usia) mengikuti pos pembinaan terpadu penyakit tidak menular (Posbindu PTM) di Desa Jelbuk Kecamatan Jelbuk Kabupaten Jember. Dukungan keluarga sangat dibutuhkan bagi lansia untuk meningkatkan keaktifannya dalam memiliki mengikuti posbindu PTM.

Item Type: Thesis (UNSPECIFIED)
Additional Information: Muh Rosid Syafii (1411012009)
Uncontrolled Keywords: Dukungan Keluarga, Keaktifan Lansia, Posbindu PTM
Subjects: 600 Technology and Applied Science > 610 Medicine and Health > 618 Gynecology and Obstetric
Divisions: Faculty of Health > Department of Nursing Science (S1 - Undergraduate Thesis)
Depositing User: Hendri Uut Fahrullah
Date Deposited: 12 Nov 2018 02:46
Last Modified: 24 Oct 2019 06:49
URI: http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/939

Actions (login required)

View Item View Item