Pengaruh Pendidikan Kesehatan dengan Media Leaflet terhadap Persepsi Wus Tentang Imunisasi TT (Tetanus Toxoid) di Desa Sumberjati Kecamatan Silo Kabupaten Jember

Amalia, Rizkiyah Indah (2016) Pengaruh Pendidikan Kesehatan dengan Media Leaflet terhadap Persepsi Wus Tentang Imunisasi TT (Tetanus Toxoid) di Desa Sumberjati Kecamatan Silo Kabupaten Jember. Journal of Undergraduate Thesis, Universitas Muhammadiyah jember.

[img]
Preview
Text
ARTIKEL.pdf

Download (301kB) | Preview

Abstract

Tindakan pemberian imunisasi TT (tetanus toxoid) penting untuk diberikan kepada WUS (wanita usia subur) sebagai upaya preventif terhadap penyakit yang dapat berakibat fatal dan berkontribusi terhadap kematian ibu dan bayi yaitu tetanus maternal dan neonatal. Salah satu cara untuk menekan angka kejadian tetanus maternal dan neonatal adalah dengan memberikan informasi yang akurat terkait imunisasi TT kepada WUS yaitu dengan pendidikan kesehatan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pendidikan kesehatan dengan media leaflet terhadap persepsi wus tentang imunisasi TT. Desain penelitian yang di gunakan adalah Pra Experimental Designs. Jenis rancangannya menggunakan One Group Pretest Posttest dengan jumlah 76 populasi. Sampel yang diambil 55 responden yang diperoleh dengan tehknik pngambilan sampel menggunakan Probability Sampling : Clustersampling. Pengumpulan data menggunakan instrumen penelitian dengan skala likert. Hasil analisa data menunjukkan bahwa nilai rata – rata persepsi sebelum di berikan pendidikan kesehatan 55,7 dan setelah diberikan pendidikan kesehatan nilai rata – ratanya 66,8. Hasil uji statistik menggunakan paired samples t - tes dengan α=0,05 didapatkan nilai ρ value 0,000, sehingga dapat disimpulkan ada pengaruh pendidikan kesehatan dengan media leaflet terhadap persepsi WUS tentang imuniasasi TT di Desa Sumberjati Kecamatan Silo Kabupaten Jember.

Item Type: Article
Additional Information: Rizkiyah Indah Amalia (1211011068)
Uncontrolled Keywords: Pendidikan kesehatan; Leaflet; WUS, Persepsi; Imunisasi TT
Subjects: 600 Technology and Applied Science > 610 Medicine and Health
600 Technology and Applied Science > 610 Medicine and Health > 616 Diseases
Divisions: Faculty of Health > Department of Nursing Science
Depositing User: Hendri Uut Fahrullah
Date Deposited: 13 Nov 2018 07:00
Last Modified: 13 Nov 2018 07:00
URI: http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/953

Actions (login required)

View Item View Item