PERAN KOMUNIKASI NONVERBAL GURU DALAM PROSES PEMBELAJARAN TERHADAP ANAK TUNARUNGU DI SMPLB SINAR HARAPAN KOTA PROBOLINGGO

PERMATANINGATI, RISKY DEVI (2017) PERAN KOMUNIKASI NONVERBAL GURU DALAM PROSES PEMBELAJARAN TERHADAP ANAK TUNARUNGU DI SMPLB SINAR HARAPAN KOTA PROBOLINGGO. Undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Jember.

[img] Text
Pendahuluan.pdf

Download (356kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (148kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (175kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (290kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (160kB)
[img] Text
BAB IV revisian.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (821kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (145kB)
[img] Text
artikel skripsi.pdf

Download (257kB)

Abstract

Skripsi ini mengkaji penelitian yang bertujuan untuk mengetahui bagaimana peran komunikasi seorang guru yang bukan berasal dari latar belakang Pendidikan Luar Biasa (PLB) dapat mengajar dengan baik dan profesional terhadap peserta didik tunarungu. Peneliti juga tertarik dan tertantang untuk mengetahui bagaimana komunikasi yang dijalankan guru tersebut dalam aktivitas pembelajaran yang sedang berlangsung. Mengingat komunikasi merupakan kebutuhan pokok manusia sebagai makhluk sosial. Dan dalam aktivitas pembelajaran, diperlukan kemampuan komunikasi seorang guru yang mampu mendorong peserta didik pada tujuan pemebelajaran yang diinginkan, merangsang peserta didik tunarungu untuk berinteraksi, memunculkan bakat minat serta prestasi mereka. Dalam penelitian ini, analisis yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan metode study kasus bertujuan untuk mengetahui interaksi komunikasi guru dengan peserta didik tunarungu dalam aktivitas pembelajaran. dilakukan dengan cara observasi, wawancara secara mendalam, dan dokumentasi guna mendapatkan data yang aktual. Teknik pengambilan informasi untuk menentukan sumber data dalam penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling sehingga data yang diperoleh dari informan benar-benar nyata dan sama dengan data realitis. Dalam penelitian ini ditemukan bahwa proses komunikasi guru di SMPLB Sinar Harapan Kota Probolinggo dilakukan dengan berinteraksi dalam bentuk komunikasi nonverbal dengan memunculkan bentuk-bentuk komunikasi nonverbel seperti; kinesik dan vokalik, yakni dimana bahasa tubuh digunakan untuk berinteraksi dan difungsikan sebagai repetisi atau aksentuisi sebagai penegasan bahasa verbalnya (bahasa ujaran atau ucapan). Dalam aktivitas pembelajaran dengan peserta didik tunarungu juga perlu mempertimbangkan jarak atau bahasa ruang guna kedekatan secara fisik maupun psikologi untuk merangsang peserta didik tunarungu dapat aktif berinteraksi di kelas.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Komunikasi Verbal-Nonverbal, Pembelajaran Formal, Anak Tunarungu
Subjects: 300 Social Science > 304 Factors Affecting Social Behavior
Divisions: Faculty of Social and Politics Science > Department of Communication Science (S1)
Department: S1 Ilmu Komunikasi
Depositing User: Perpustakaan UM Jember
Contributors:
ContributionContributor NameNIDN/NIDK
Thesis advisorSuyono, Suyononidn0705086503
Date Deposited: 14 Jun 2021 03:53
Last Modified: 14 Jun 2021 03:53
URI: http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/9611

Actions (login required)

View Item View Item