PERMATANINGATI, RISKY DEVI (2017) PERAN KOMUNIKASI NONVERBAL GURU DALAM PROSES PEMBELAJARAN TERHADAP ANAK TUNARUNGU DI SMPLB SINAR HARAPAN KOTA PROBOLINGGO. Undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Jember.
Text
Pendahuluan.pdf Download (356kB) |
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (148kB) |
|
Text
BAB I.pdf Download (175kB) |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (290kB) |
|
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (160kB) |
|
Text
BAB IV revisian.pdf Restricted to Repository staff only Download (821kB) |
|
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (145kB) |
|
Text
artikel skripsi.pdf Download (257kB) |
Abstract
Skripsi ini mengkaji penelitian yang bertujuan untuk mengetahui bagaimana peran komunikasi seorang guru yang bukan berasal dari latar belakang Pendidikan Luar Biasa (PLB) dapat mengajar dengan baik dan profesional terhadap peserta didik tunarungu. Peneliti juga tertarik dan tertantang untuk mengetahui bagaimana komunikasi yang dijalankan guru tersebut dalam aktivitas pembelajaran yang sedang berlangsung. Mengingat komunikasi merupakan kebutuhan pokok manusia sebagai makhluk sosial. Dan dalam aktivitas pembelajaran, diperlukan kemampuan komunikasi seorang guru yang mampu mendorong peserta didik pada tujuan pemebelajaran yang diinginkan, merangsang peserta didik tunarungu untuk berinteraksi, memunculkan bakat minat serta prestasi mereka. Dalam penelitian ini, analisis yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan metode study kasus bertujuan untuk mengetahui interaksi komunikasi guru dengan peserta didik tunarungu dalam aktivitas pembelajaran. dilakukan dengan cara observasi, wawancara secara mendalam, dan dokumentasi guna mendapatkan data yang aktual. Teknik pengambilan informasi untuk menentukan sumber data dalam penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling sehingga data yang diperoleh dari informan benar-benar nyata dan sama dengan data realitis. Dalam penelitian ini ditemukan bahwa proses komunikasi guru di SMPLB Sinar Harapan Kota Probolinggo dilakukan dengan berinteraksi dalam bentuk komunikasi nonverbal dengan memunculkan bentuk-bentuk komunikasi nonverbel seperti; kinesik dan vokalik, yakni dimana bahasa tubuh digunakan untuk berinteraksi dan difungsikan sebagai repetisi atau aksentuisi sebagai penegasan bahasa verbalnya (bahasa ujaran atau ucapan). Dalam aktivitas pembelajaran dengan peserta didik tunarungu juga perlu mempertimbangkan jarak atau bahasa ruang guna kedekatan secara fisik maupun psikologi untuk merangsang peserta didik tunarungu dapat aktif berinteraksi di kelas.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Uncontrolled Keywords: | Komunikasi Verbal-Nonverbal, Pembelajaran Formal, Anak Tunarungu | ||||||
Subjects: | 300 Social Science > 304 Factors Affecting Social Behavior | ||||||
Divisions: | Faculty of Social and Politics Science > Department of Communication Science (S1) | ||||||
Department: | S1 Ilmu Komunikasi | ||||||
Depositing User: | Perpustakaan UM Jember | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Date Deposited: | 14 Jun 2021 03:53 | ||||||
Last Modified: | 14 Jun 2021 03:53 | ||||||
URI: | http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/9611 |
Actions (login required)
View Item |