Hasanah, Siti Rumlah (2021) ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF DITINJAU DARI KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS SISWA SMP NEGERI 2 PRAJEKAN. Undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyaj Jember.
Text
a. PENDAHULUAN.pdf Download (565kB) |
|
Text
b.ABSTRAK.pdf Download (225kB) |
|
Text
c.BAB I.pdf Download (351kB) |
|
Text
d.BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (513kB) | Request a copy |
|
Text
e.BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (346kB) | Request a copy |
|
Text
f.BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text
g.BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (453kB) | Request a copy |
|
Text
h.BAB VI.pdf Restricted to Repository staff only Download (222kB) | Request a copy |
|
Text
i.DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (228kB) |
|
Text
j. LAMPIRAN.pdf Download (5MB) |
|
Text
k.ARTIKEL RUMLAH.pdf Download (531kB) |
Abstract
Latar belakang penelitian ini didasarkan pada hasil wawancara dari guru mata pelajaran matematika SMP Negeri 2 Prajekan yang menyatakan bahwa kemampuan berpikir kreatif dan kemampuan penalaran matematis siswa bermacam-macam yaitu ada yang pintar, sedang, dan rendah. Bagi siswa yang pintar memiliki kemampuan berpikir kreatif tinggi, bagi siswa yang rendah memiliki kemampuan berpikir rendah. Sedangkan kemampuan penalaran terdiri dari 2 jenis yaitu penalaran induktif dan penalaran deduktif. Menurut guru matematika SMPN 2 Prajekan mengatakan bahwa di kelas VIII A terdapat siswa yang memiliki kemampuan penalaran induktif dan penalaran deduktif. Namun, tidak semua siswa di kelas VIII A memiliki kemampuan tersebut, tetapi hanya beberapa siswa saja. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimanakah kemampuan berpikir kreatif ditinjau dari kemampuan penalaran matematis siswa SMP. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Penelitian ini menggunakan 3 teknik pengumpulan data yaitu tes soal, wawancara, dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh bahwa siswa dengan kemampuan penalaran deduktif (KPD) dapat menyelesaikan soal tes kemampuan berpikir kreatif dengan baik dan benar, serta memenuhi semua indikator berpikir kreatif yaitu kefasihan, keluwesan, dan kebaruan. Sedangkan siswa dengan kemampuan penalaran induktif (KPI) dapat menyelesaikan soal tes berpikir kreatif dengan 2 indikator saja yaitu kefasihan dan keluwesan tetapi tidak dapat menyelesaikan soal dengan cara kebaruan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kemampuan Berpikir Kreatif, Kemampuan Penalaran Matematis | |||||||||
Subjects: | 500 Natural Science and Mathematics > 510 Mathematics > 511 General Principles of Mathematics | |||||||||
Divisions: | Faculty of Teaching and Education Science > Department of Mathematics Education (S1) | |||||||||
Department: | S1 Pendidikan Matematika | |||||||||
Depositing User: | SITI RUMLAH HASANAH | |||||||||
Contributors: |
|
|||||||||
Contact Email Address: | sitirumlahhasanah0425@gmail.com | |||||||||
Date Deposited: | 28 Apr 2021 04:18 | |||||||||
Last Modified: | 28 Apr 2021 04:18 | |||||||||
URI: | http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/9658 |
Actions (login required)
View Item |