Hubungan Dukungan Keluarga dengan Status Kognitif Lansia di Desa Dukuh Dempok Wilayah Kerja Puskesmas Wuluhan Kabupaten Jember

Harimurti, Widya Faulina (2016) Hubungan Dukungan Keluarga dengan Status Kognitif Lansia di Desa Dukuh Dempok Wilayah Kerja Puskesmas Wuluhan Kabupaten Jember. Journal of Undergraduate Thesis, Universitas Muhammadiyah jember.

[img]
Preview
Text
ARTIKEL JURNAL.pdf

Download (970kB) | Preview

Abstract

Salah satu masalah kesehatan yang mempengaruhi kualitas kehidupan lansia adalah gangguan kognitif dimana gangguan ini akan mengakibatkan menurunnya fungsional Lansia tersebut, hal ini terjadi karena susunan syaraf pusat pada lansia mengalami perubahan morfologis dan biokimia, perubahan tersebut mengakibatkan penurunan fungsi kognitif. Desain peneilitian ini menggunakan korelasional Pendekatan yang digunakan Cross Sectional. Populasi penelitian ini adalah 54 responden.Tekhnik pengambilan sampel yang digunakan oleh peneliti yaitu menggunakan purposive sampling yaitu tekhnik penentuan sampel dengan pertimbangan tertentu sesuai yang dikehendaki peneliti.Analisis data yang digunakan adalah uji statistik spearman rho dengan α= 0,05 Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dari 54 reponden, lansia memiliki dukungan baik 46% mempunyai status kognitif baik 94,4%.Hasil uji korelasi Spearmen’s rho menunjukan bahwa hasil p-value adalah 0,000, nilai ini lebih kecil dari level of significance yang ditetapkan dalam penelitian yaitu (α = 0,05) jadi ada hubungan antara hubungan dukungan keluarga dengan status kognitif lansia. lansia di Desa Dukuh Dempok sebagian besar 46 (85,2%) memiliki dukungan yang baik dalam wilayah kerja puskesmas wuluhan dan 51 (94,4%) memiliki status kognitif dalam kategorik baik dalam wilayah kerja puskesmas wuluhan. Terdapat hubungan yang kuat antara dukungan keluarga dengan status kognitif pada lansia di Desa Dukuh Dempok Wilayah Kerja Puskemas Wuluhan.

Item Type: Article
Additional Information: Widya Faulina Harimurti (1411012018)
Uncontrolled Keywords: Dukungan Keluarga, Status Kognitif
Subjects: 600 Technology and Applied Science > 610 Medicine and Health > 618 Gynecology and Obstetric
Divisions: Faculty of Health > Department of Nursing Science
Depositing User: Hendri Uut Fahrullah
Date Deposited: 15 Nov 2018 03:06
Last Modified: 15 Nov 2018 03:06
URI: http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/968

Actions (login required)

View Item View Item