Pengaruh Karakteristik Wirausaha, Modal Usaha dan Strategi Pemasaran Terhadap Perkembangan UMKM di Kecamatan Sumbersari, Kabupaten Jember

Puspitasari, Irma (2021) Pengaruh Karakteristik Wirausaha, Modal Usaha dan Strategi Pemasaran Terhadap Perkembangan UMKM di Kecamatan Sumbersari, Kabupaten Jember. Undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Jember.

[img] Text
A. PENDAHULUAN.pdf

Download (1MB)
[img] Text
B. ABSTRAK.pdf

Download (877kB)
[img] Text
C. BAB I.pdf

Download (963kB)
[img] Text
D. BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
E. BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
F. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
G. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (876kB) | Request a copy
[img] Text
H. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB)
[img] Text
I. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
J. ARTIKEL.pdf

Download (1MB)

Abstract

Perkembangan UMKM menjadi sesuatu yang harus di jaga serta ditingkatkan setiap tahunnya sejalan dengan perkembangan perekonomian yang mengalami naik dan turun dalam beberapa tahun ke belakang. Usaha Mikro, Kecil dan Menengah atau UMKM merupakan kategori bisnis berskala kecil yang dipercaya mampu memberikan kontribusi terhadap perekonomian Indonesia, Hal itu membuktikan bahwa perkembangan UMKM di Jawa Timur mengalami kenaikan yang cukup signifikan dari Tahun ke Tahun seperti di Kabupaten Jember. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh karakteristik wirausaha, modal usaha dan strategi pemasaran terhadap perkembangan usaha di Kecamatan Sumbersari, Kabupaten Jember. Sampel yang digunakan pada penelitian ini sebanyak 95 responden dengan menggunakan metode purposive sampling dan teknik pengumpulan data berupa wawancara dan pembagian kuesioner. Analisis yang digunakan pada penelitian ini terdiri atas uji instrumen (uji validitas dan uji reliabilitas), analisis regresi linier berganda, uji asumsi klasik (uji normalitas, uji multikolinearitas dan uji heteroskedastisitas), uji hipotesis berupa uji parsial t dan analisis koefisien determinasi. Hasil analisis regresi linier berganda pada penelitian membuktikan bahwa karakteristik wirausaha (0,256), modal usaha (0,574), dan strategi pemasaran (0,504) berpengaruh positif terhadap perkembangan usaha. Hasil uji t pada penelitian ini membuktikan bahwa karakteristik wirausaha (0,032), modal usaha (0,003), dan strategi pemasaran (0,000) berpengaruh signifikan terhadap perkembangan usaha.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: karakteristik wirausaha, modal usaha, strategi pemasaran, perkembangan usaha
Subjects: 600 Technology and Applied Science > 650 Business > 658 General Management
Divisions: Faculty of Economics > Department of Management (S1)
Depositing User: Irma Puspitasari
Date Deposited: 14 Jun 2021 01:49
Last Modified: 14 Jun 2021 01:49
URI: http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/10326

Actions (login required)

View Item View Item