Analisis Kevariatifan Prefiks pada Karangan Deskripsi Siswa Kelas VII A MTs Negeri Genteng Tahun Pelajaran 2016/ 2017

Kholilah, Nia (2017) Analisis Kevariatifan Prefiks pada Karangan Deskripsi Siswa Kelas VII A MTs Negeri Genteng Tahun Pelajaran 2016/ 2017. Undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Jember.

[img] Text
1 sampul cover (i).pdf

Download (97kB)
[img] Text
5 HALAMAN PERSETUJUAN (v).pdf

Download (52kB)
[img] Text
6 HALAMAN PENGESAHAN (vi).pdf

Download (56kB)
[img] Text
10 DAFTAR ISI (x).pdf

Download (69kB)
[img] Text
abstrak.pdf

Download (82kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (128kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (181kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (105kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (157kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (136kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (74kB)
[img] Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (78kB)
[img] Text
lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (17MB)
[img] Text
Artikel.pdf

Download (134kB)

Abstract

Prefiks merupakan morfem yang melekat pada bentuk dasar yang terletak di awal kata. Karangan deskripsi adalah karangan melukiskan atau menggambarkan suatu objek atau peristiwa tertentu dengan kata-kata secara jelas dan terperinci. Permasalahan dan tujuan dalam penelitian ini yaitu: (1) untuk mendeskripsikan kevariatifan afiks pada karangan deskripsi siswa kelas VII A MTs Negeri Genteng tahun pelajaran 2016/2017, (2) untuk mendeskripsikan kevariatifan makna gramatikal afiks pada karangan deskripsi siswa kelas VII A MTs Negeri Genteng tahun pelajaran 2016/2017. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Lokasi penelitian di MTs Negeri Genteng tahun pelajaran 2016/2017. Waktu penelitian saat pengambilan data samai dengan analisis data yaitu 20 hari. Data penelitian berupa karangan deskripsi siswa. Sumber data penelitian yaitu siswa kelas VII A MTs Negeri Genteng tahun pelajaran 2016/2017. Teknik pengumpulan data berupa teknik dokumentasi. Teknik analisis data yaitu lembar ringkasan kontak, membuat memo, dan ringkasan situs sementara. Pengecekan keansahan data menggunakan triangulasi. Hasil analisis data menunjukkan bahwa dari 26 data karangan deskripsi, hanya 19 data siswa yang dapat dianalisis. Terdapat 18 data karangan deskripsi siswa yang di dalamnya menggunakan prefiks ber-, dan 4 data karangan deskripsi siswa yang di dalamnya terdapat prefiks meN-. Prefiks ber- terdiri dari berwarna, berbunga, bertempat, berseragam, berwarna-warni, berambut, bernama, bersepeda, bermerk, bersekolah, bercita-cita, bertengkar, bertubuh, berenang, berusia, bercanda, berkulit, berolahraga, berjumlah, bergelombang, berfoto-foto, berhidung, bersifat, berekreasi, dan berlayar. Prefiks meN- terdiri dari mengajar, menaruh, mengetik, meluncur, dan memantau. Terdapat 16 data siswa yang memiliki makna gramatikal mempunyai, 2 data siswa yang memiliki makna gramatikal dalam keadaan, 9 data siswa yang memiliki makna gramatikal melakukan pekerjaan, dan 5 data siswa yang memiliki makna gramatikal melakukan kegiatan atau melakukan suatu tindakan. Kesimpulan dari penelitian adalah peneliti menemukan 25 kata berprefiks ber- dan 5 kata berprefiks meN-. Peneliti juga menemukan makna gramatikal dari prefiks ber- berupa mempunyai, dalam keadaan dan melakukan pekerjaan, sedangkan pada prefiks meN�berupa melakukan kegiatan atau melakukan suatu tindakan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: kevariatifan prefiks, karangan deskripsi
Subjects: 400 Language > 421 Writing System
Divisions: Faculty of Teaching and Education Science > Department of Indonesian Literature Education (S1)
Department: S1 Pendidikan Bahasa Indonesia
Depositing User: Perpustakaan UM Jember
Contributors:
ContributionContributor NameNIDN/NIDK
Thesis advisorHanafi, Hanafinidn0015086701
Date Deposited: 24 Jun 2021 02:21
Last Modified: 24 Jun 2021 02:21
URI: http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/10722

Actions (login required)

View Item View Item