Analisis Kevariatifan Prefiks pada Karangan Deskripsi Siswa Kelas VII A MTs Negeri Genteng Tahun Pelajaran 2016/ 2017
Kholilah, Nia (2017) Analisis Kevariatifan Prefiks pada Karangan Deskripsi Siswa Kelas VII A MTs Negeri Genteng Tahun Pelajaran 2016/ 2017. Undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Jember.
![]() |
Text
1 sampul cover (i).pdf Download (97kB) |
![]() |
Text
5 HALAMAN PERSETUJUAN (v).pdf Download (52kB) |
![]() |
Text
6 HALAMAN PENGESAHAN (vi).pdf Download (56kB) |
![]() |
Text
10 DAFTAR ISI (x).pdf Download (69kB) |
![]() |
Text
abstrak.pdf Download (82kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (128kB) |
![]() |
Text
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (181kB) |
![]() |
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (105kB) |
![]() |
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (157kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (136kB) |
![]() |
Text
BAB VI.pdf Restricted to Repository staff only Download (74kB) |
![]() |
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf Download (78kB) |
![]() |
Text
lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (17MB) |
![]() |
Text
Artikel.pdf Download (134kB) |
Abstract
Prefiks merupakan morfem yang melekat pada bentuk dasar yang terletak di
awal kata. Karangan deskripsi adalah karangan melukiskan atau menggambarkan
suatu objek atau peristiwa tertentu dengan kata-kata secara jelas dan terperinci.
Permasalahan dan tujuan dalam penelitian ini yaitu: (1) untuk
mendeskripsikan kevariatifan afiks pada karangan deskripsi siswa kelas VII A MTs
Negeri Genteng tahun pelajaran 2016/2017, (2) untuk mendeskripsikan kevariatifan
makna gramatikal afiks pada karangan deskripsi siswa kelas VII A MTs Negeri
Genteng tahun pelajaran 2016/2017.
Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Lokasi penelitian di MTs
Negeri Genteng tahun pelajaran 2016/2017. Waktu penelitian saat pengambilan data
samai dengan analisis data yaitu 20 hari. Data penelitian berupa karangan deskripsi
siswa. Sumber data penelitian yaitu siswa kelas VII A MTs Negeri Genteng tahun
pelajaran 2016/2017. Teknik pengumpulan data berupa teknik dokumentasi. Teknik
analisis data yaitu lembar ringkasan kontak, membuat memo, dan ringkasan situs
sementara. Pengecekan keansahan data menggunakan triangulasi.
Hasil analisis data menunjukkan bahwa dari 26 data karangan deskripsi, hanya
19 data siswa yang dapat dianalisis. Terdapat 18 data karangan deskripsi siswa yang
di dalamnya menggunakan prefiks ber-, dan 4 data karangan deskripsi siswa yang di
dalamnya terdapat prefiks meN-. Prefiks ber- terdiri dari berwarna, berbunga,
bertempat, berseragam, berwarna-warni, berambut, bernama, bersepeda, bermerk,
bersekolah, bercita-cita, bertengkar, bertubuh, berenang, berusia, bercanda, berkulit,
berolahraga, berjumlah, bergelombang, berfoto-foto, berhidung, bersifat, berekreasi,
dan berlayar. Prefiks meN- terdiri dari mengajar, menaruh, mengetik, meluncur, dan
memantau. Terdapat 16 data siswa yang memiliki makna gramatikal mempunyai, 2
data siswa yang memiliki makna gramatikal dalam keadaan, 9 data siswa yang
memiliki makna gramatikal melakukan pekerjaan, dan 5 data siswa yang memiliki
makna gramatikal melakukan kegiatan atau melakukan suatu tindakan. Kesimpulan
dari penelitian adalah peneliti menemukan 25 kata berprefiks ber- dan 5 kata
berprefiks meN-. Peneliti juga menemukan makna gramatikal dari prefiks ber- berupa
mempunyai, dalam keadaan dan melakukan pekerjaan, sedangkan pada prefiks meN�berupa melakukan kegiatan atau melakukan suatu tindakan.
ContributionNama Dosen PembimbingNIDN/NIDKDosen PembimbingHanafi, Hanafinidn0015086701
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords/Kata Kunci: | kevariatifan prefiks, karangan deskripsi |
Subjects: | 400 Language > 421 Writing System |
Divisions: | Faculty of Teaching and Education Science > Department of Indonesian Literature Education (S1) |
Depositing User: | Perpustakaan UM Jember | perpustakaan@unmuhjember.ac.id |
Date Deposited: | 24 Jun 2021 02:21 |
Last Modified: | 24 Jun 2021 02:21 |
URI: | http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/10722 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |