Putri, Rita Dwi Surya Prastiwi (2017) ASPEK DISFEMIA DALAM TEKS BERITA SISWA KELAS VIII SMP MUHAMMADIYAH 3 RAMBIPUJI TAHUN PELAJARAN 2016/2017. Undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Jember.
Text
PENDAHULUAN.pdf Download (203kB) |
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (139kB) |
|
Text
BAB I.pdf Download (169kB) |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (231kB) |
|
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (110kB) |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (223kB) |
|
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (353kB) |
|
Text
BAB VI.pdf Restricted to Repository staff only Download (85kB) |
|
Text
Lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (14MB) |
|
Text
ARTIKEL.pdf Download (102kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bentuk kebahasaan, nilai rasa, dan penerapan aspek disfemia yang ada pada teks berita siswa dalam pembelajaran bahasa Indonesia di SMP. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa itu sendiri sedangkan objek penelitiannya adalah kata yang mengandung disfemia yang terdapat pada teks berita siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah baca catat. Instrumen yang digunakan adalah peneliti sendiri yang didukung dengan pengetahuan seperangkat kriteria kedisfemiaan. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik padan pragmatik, teknik sisip, dan teknik ganti. Teknik padan pragmatik digunakan untuk menganalisis nilai rasa yang diungkapkan oleh bentuk kebahasaan disfemia. Teknik sisip digunakan untuk menganalisis bentuk satuan gramatika disfemia. Teknik ganti digunakan untuk mengetahui kesamaan kelas antara unsur pengganti dengan unsur terganti. Pengecekan keabsahan temuan dilakukan dengan teknik pemeriksaan. Teknik pemeriksaan keabsahan data dilakukan dengan meningkatkan ketekunan dan triangulasi. . Hasil penelitian ini adalah sebagai berikut. Pertama, bentuk kebahasaan disfemia yang ditemukan, yaitu berupa kata dan frase. Kedua, nilai rasa disfemia yang ditemukan, yaitu menyeramkan, mengerikan, menakutkan, menjijikkan, menguatkan untuk menunjukkan kekasaran, menguatkan untuk menunjukkan usaha, dan menguatkan untuk menunjukkan kejengkelan. Dalam penulisan berita, siswa lebih cenderung menggunakan bentuk disfemia berupa kata daripada frase. Pada bentuk disfemia berupa kata sudah mencakup semua nilai rasa disfemia, sedangkan pada bentuk disfemia berupa frase hanya beberapa saja dikarenakan hanya sedikit siswa yang menggunakan frasedalam penulisan teks berita. Ketiga, siswa menulis berita dengan menerapkan unsur disfemia. Hasil penerapannya antara lain, (1) siswa mampu memahami pengertian dan tujuan penggunaan disfemia, (2) siswa mampu mengidentifikasi bentuk kebahasaan disfemia, (3) siswa mampu mengidentifikasi nilai rasa disfemia, (4) siswa diharapkan mampu menggunakannya dalam kehidupan sehari-hari di masyarakat.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Uncontrolled Keywords: | disfemia berupa kata, disfemia berupa frase, nilai rasa disfemia | ||||||
Subjects: | 400 Language > 410 Linguistics | ||||||
Divisions: | Faculty of Teaching and Education Science > Department of Indonesian Literature Education (S1) | ||||||
Department: | S1 Pendidikan Bahasa Indonesia | ||||||
Depositing User: | Perpustakaan UM Jember | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Date Deposited: | 24 Jun 2021 02:47 | ||||||
Last Modified: | 24 Jun 2021 02:47 | ||||||
URI: | http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/10736 |
Actions (login required)
View Item |