Rohman Sholeh, Toni (2021) pengaruh modifikasi piston valve pada karburator motor 4 langkah nf 125 terhadap emisi gas buang. Undergraduate thesis, universitas muhammadiyah jember.
Text
Artikel J-Proteksion.pdf Download (512kB) |
|
Text
PENGARUH MODIFIKASI PISTON VALVE PADA KARBURATOR MOTOR 4 LANGKAH NF 125 TERHADAP EMISI GAS BUANG.pdf Download (297kB) |
|
Text
bab 1.pdf Download (246kB) |
|
Text
bab 2.pdf Restricted to Repository staff only Download (446kB) | Request a copy |
|
Text
Bab 3.pdf Restricted to Repository staff only Download (653kB) | Request a copy |
|
Text
bab 4.pdf Restricted to Repository staff only Download (408kB) | Request a copy |
|
Text
Bab 5.pdf Restricted to Repository staff only Download (220kB) | Request a copy |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (269kB) |
|
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (398kB) | Request a copy |
|
Text
PENGARUH MODIFIKASI PISTON VALVE PADA KARBURATOR MOTOR 4 LANGKAH NF 125 TERHADAP EMISI GAS BUANG.pdf Download (469kB) |
Abstract
Dalam perkembangan penggunaan pulser saja sebagai sensor masih belum cukup untuk mengirim sinyal waktu pengapian. NF 125 mengaplikasikan penambahan alat Throttle Switch System (TSS), Alat ini berfungsi untuk menetapkan derajat pengapian sesuai putaran mesin. Sinyal diteruskan ke koil sesuai waktu pembakaran yang telah disesuaikan dengan putaran mesin, hasil senyawa bahan bakar dan udara tercampur sempurna bahan bakar menjadi lebih irit. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada perbedaan piston valve original dan piston valve modifikasi dengan menggunakan Throttle Switch System terhadap emisi gas buang sepeda motor NF 125. Dalam penelitian ini, untuk memperoleh hasil data yang diperlukan maka peneliti menggunakan metode eksperimen. Eksperimen dilakukan pada beberapa kondisi putaran mesin ( 3000 Rpm, 4000 Rpm, 5000 Rpm ). Pengujian dilakukan pada tiap – tiap putaran mesin baik yang menggunakan piston valve original dan piston valve modifikasi dilakukan sebanyak 3 kali pengujian. Dari 3 kali pengujian tersebut diambil data rata – rata. Setelah data diolah dan digambarkan dalam bentuk tabel dan grafik, dapat disimpulkan bahwa CO terendah adalah piston valve original 1,785 %, CO2 terendah adalah piston valve original 3,914 %, HC terendah adalah piston valve coakan diturunkan 1 mm 145,77 Ppm , O2 yang tertinggi adalah piston valve coakan dinaikan 1 mm 1,392 %
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Uncontrolled Keywords: | Modifikasi, Pengaruh Emisi Gas Buang. | |||||||||
Subjects: | 600 Technology and Applied Science > 620 Engineering | |||||||||
Divisions: | Faculty of Engineering > Department of Mechanical Engineering (S1) | |||||||||
Department: | S1 Teknik Mesin | |||||||||
Depositing User: | Toni Rohman Sholeh | |||||||||
Contributors: |
|
|||||||||
Contact Email Address: | tonirohmansholeh@gmail.com | |||||||||
Date Deposited: | 03 Jul 2021 02:03 | |||||||||
Last Modified: | 03 Jul 2021 02:05 | |||||||||
URI: | http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/10885 |
Actions (login required)
View Item |