Variasi Waktu Perendamam Asam Terhadap Kualitas Gelatin Teripang (Paracaudina australis) Sebagai Sumber Belajar Biologi

Prihastuti, Dwi Indah (2021) Variasi Waktu Perendamam Asam Terhadap Kualitas Gelatin Teripang (Paracaudina australis) Sebagai Sumber Belajar Biologi. Undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Jember.

[img] Text
a. PENDAHULUAN.pdf

Download (539kB)
[img] Text
b. ABSTRAK.pdf

Download (239kB)
[img] Text
c. BAB I.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (341kB) | Request a copy
[img] Text
d. BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (466kB) | Request a copy
[img] Text
e. BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (620kB) | Request a copy
[img] Text
f. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (572kB) | Request a copy
[img] Text
g BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (267kB) | Request a copy
[img] Text
h. BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (236kB) | Request a copy
[img] Text
i. DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (243kB)
[img] Text
j. LAMPIRAN (1).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
Artikel Skripsi Pengembangan.pdf

Download (451kB)

Abstract

Teripang merupakan komoditas perikanan yang bernilai ekonomis tinggi dan umumnya diperdagangkan dalam bentuk kering, teripang (Paracaudina australis) adalah jenis teripang yang mudah ditemukan diperairan Indonesia. Teripang diduga memiliki kandungan protein kolagen yang tinggi. Informasi saat ini menjelaskan bahwa teripang memiliki kandungan protein kolagen sebesar 70%yang berpotensi dikembangkan menjadi produk gelatin. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui bagaimana perbedaan variasi waktu perendaman asam terhadap kualitas gelatin teripang (Paracaudina australis), dan untuk mengetahui validitas bahan ajar handout yang dikembangkan dari hasil penelitian variasi waktu perendaman asam terhadap kualitas gelatin teripang (Paracaudina australis). Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dilanjutkan dengan penelitian pengembangan. Rancangan penelitian kauntitatif menggunakan Rancangan Acak Lengkap (RAL), dan model pengembangan bahan ajar menggunakan model 4D yang dibatasi pada tahap Validasi. Analisi data kuantitatif menggunakan uji Kruskal-Wallis dan dilanjut uji Mann-Whitney, dan analisis validitas bahan ajar menggunakan analisis deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat perbedaan variasi waktu perendaman asam terhadap kualitas gelatin, yaitu rendemen dan pH gelatin teripang (Paracaudina australis). Rendemen tertinggi yang dihasilkan yaitu sebanyak 5% diperoleh dengan perlakuan lama perendaman 40 dan 32 jam, sedangkan uruk rendemen terendah yang dihasilkan sebanyak 1,2% diperoleh dengan perlakuan lama perendaman 10 jam. Persentase pH yang dihasilkan yaitu pH tertinggi di hasilkan oleh lama perendaman 10 jam (9,9), dan pH terendah yaitu dihasilkan oleh lama waktu perendaman 48 jam (5,6). jadi nilai pH yang paling mendekati standart SNI gelatin terdapat pada perlakuan waktu 48 jam (5,6). Hasil validasi bahan ajar handout pokok pembahasan bioteknologi menunjukkan dalam ketagori valid (89 %).

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Teripang (Paracaudina australis), Gelatin, Variasi Waktu Lama Perendaman, Perendaman Asam, Sumber Belajar Biologi.
Subjects: 500 Natural Science and Mathematics > 570 Biology
Divisions: Faculty of Teaching and Education Science > Department of Biology Education (S1)
Depositing User: Dwi indah prihastuti
Date Deposited: 28 Jul 2021 16:27
Last Modified: 02 Sep 2021 05:51
URI: http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/11335

Actions (login required)

View Item View Item