Pengaruh Ragi Kopi terhadap Kualitas Kopi Robusta (Coffea canephora) (Dimanfaatkan sebagai Sumber Belajar Biologi SMA/MA berupa Buku Suplemen)

Bintoro, Wahyu Agung (2021) Pengaruh Ragi Kopi terhadap Kualitas Kopi Robusta (Coffea canephora) (Dimanfaatkan sebagai Sumber Belajar Biologi SMA/MA berupa Buku Suplemen). Undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Jember.

[img] Text
a. Pendahuluan.pdf

Download (1MB)
[img] Text
b. Abstrak.pdf

Download (310kB)
[img] Text
c. Bab I.pdf

Download (385kB)
[img] Text
d. Bab II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (379kB) | Request a copy
[img] Text
e. Bab III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (759kB) | Request a copy
[img] Text
f. Bab IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
g. Bab V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (427kB) | Request a copy
[img] Text
h. Bab VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (302kB) | Request a copy
[img] Text
i. Daftar Pustaka.pdf

Download (393kB)
[img] Text
j. Lampiran (2)_compressed.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text
k. Artikel.pdf

Download (515kB)

Abstract

Produksi kopi di Indonesia pada tahun 2018 hingga 2019 sebanyak 9,5 juta karung atau berkisar 5,5% dari total produksi kopi dunia dan diprediksi konsumsi kopi akan mengalami pertumbuhan rata-rata 8,22% per tahun periode 2016-2021. Permintaan kopi luwak meningkat dan terbatasnya pasokan kopi luwak yang dapat menyebabkan terjadinya penurunan produksi kopi luwak sehingga produksi tidak dapat diandalkan dari feses luwak. Fermentasi kopi dapat dilakukan dengan menggunakan ragi yang terbuat dari campuran isolat bakteri asam laktat (BAL), campuran isolat yeast, dan campuran isolat bakteri asam laktat (BAL) dan yeast yang sudah teridentifikasi berasal dari feses luwak. Pemanfaatan mikroorganisme dari sistem pencernaan luwak dapat dioptimalkan dengan merumuskan ke dalam sumber belajar biologi dapat disajikan melalui hasil penelitian berupa fakta dan konsep yang dapat diterapkan dalam buku suplemen. Buku suplemen diartikan sebagai pelengkap dari buku utama dan dikembangkan secara sistematis didik untuk mencapai tujuan pembelajara. Masalah penelitian ini yaitu apakah ragi berpengaruh terhadap kualitas kopi Robusta (Coffea canephora) dan apakah hasil penelitian ini dapat dimanfaatkan sebagai sumber belajar biologi SMA/MA berupa buku suplemen. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui ragi berpengaruh terhadap kualitas kopi Robusta (Coffea canephora) dan hasil penelitian ini dapat dimanfaatkan sebagai sumber belajar biologi SMA/MA berupa buku suplemen. Jenis penelitian ini dengan menerapkan penelitian eksperimen dan dilanjutkan penelitian pengembangan yang dilakukan hanya sampai validasi ahli produk. Penelitian ini dilaksanakan di UPT Laboratorium Biologi Dasar, Universitas Muhammadiyah Jember, dan MAN 1 Jember. Metode yang diterapkan berupa ranccangan acak lengkap (RAL) dan menerapkan pengembangan produk model 4D. Teknik analisis data yang diterapkan menggunakan uji Krusskal Wallis serta uji Tukey dan menentukan ke validan desain produk menggunakan penilaian tingkat skala 4. Hasil penelitian yang didapatkan ragi kopi berpengaruh terhadap kualitas kopi Robusta dengan nilai quality scale cita rasa “Good”. Penelitian pengaruh ragi kopi dapat dimanfaatkan sebagai sumber belajar biologi berupa buku suplemen dengan hasil rata-rata keseluruhan diterima atau sudah sesuai (valid).

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Ragi Kopi, Kopi Robusta, Sumber Belajar Biologi, Buku Suplemen
Subjects: 500 Natural Science and Mathematics > 570 Biology
Divisions: Faculty of Teaching and Education Science > Department of Biology Education (S1)
Depositing User: Wahyu Agung Bintoro
Date Deposited: 28 Jul 2021 16:37
Last Modified: 28 Jul 2021 16:37
URI: http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/11343

Actions (login required)

View Item View Item